5/05/2018

KUE PISANG SKIPPY® PEANUT BUTTER


KUE PISANG SKIPPY® PEANUT BUTTER



BAHAN:
100 gram pisang Uli
100 ml air
50 gram margarin
½ sendok teh garam
7 sendok makan  Skippy Peanut Butter (boleh kurang atau lebih)




Cara Membuat
  1. Lelehkan margarin. Dinginkan. Lebih baik lagi melelehkannya pada cetakan kue
  2. Potong pisang dengan ketebalan sekitar 0,5 cm
  3. Masukkan air pelan-pelan pada tepung terigu. Jangan terbalik. Sebab bila tepung yang dituang ke air. Akan ada butiran/gumplan  besar sehingga memakan waktu untuk mengaduk. Masukkan garam, aduk .
  4. Tambahkan pisang pada adonan.
  5. Margarin cair tuang sambil diaduk hingga rata
  6. Hangatkan cetakan kue. Masukkan adonan pada cetakan. Setengah matang masukkan Skippy Peanut Butter. Boleh jenis Chunky atau Creamy. Bedanya Creamy terasa lembut sedangkan Chunky masih ada sensasi potongan kacang.  

Angka 6 pada dua angka memang benar adanya, 6 pertama menunjukkan adonan baru dituang, sedang 6 berikutnya adonan ada yang dibalik ada yang tidak. 

Saya mencoba beberapa bentuk. Setelah kue diberi Skippy, kue  saya balik. Bentuk lain saya biarkan bagian yang ada Skippy tetap di atas. Api saya matikan agar tidak gosong. Sebaikknya kenali  cetakan kue. Sebab masing-masing cetakan berbeda. Cetakkan saya berasal dari Banjarmasin. Di Kalimantan Selatan biasanya cetakan tersebut untuk roti pisang. Sebutannya saja roti, bentuknya tidak seperti roti. Persis seperti kue yang saya buat. Hanya saja saya lupa bagaimana orang asli Banjar membuat roti pisang. Biasanya saya menggunakan gula. Karena saya  mencampur dengan peanut butter, saya biarkan adonan tepungnya terasa gurih. Manisnya dari pisang dan sedikit dari Skippy. Imbang kok rasanya.


Sumber tag line twitter skippy: https://twitter.com/skippy


Adonan yang saya buat jadi 7 buah kue. Saya kira-kira saja. Caranya satu bulatan cetakan satu sendok tepung, kemudian saya timbang. Untuk airnya bila ingin membuat dua kali lipat yang saya buat jangan dikalikan dua. Tambahkan saja sedikit demi sedikit agar hasil kue  tidak terlalu keras atau cair.

Waktu untuk membuat kue pisang Skippy ala saya  dari persiapan hingga matang sekitar 40 menit.  Tanpa merekam dan sesi foto waktu masak bisa 20 menit, karena sederhana. Biasanya kue enak dimakan saat hangat. Ada Skippy pas dingin masih terasa lezat. Anak saya karena lidahnya bukan taste Banjar, sangat antusias menyantap kue pisang menggunakan peanut butter.

Kue ini bisa untuk bekal anak sekolah. Tepung sedikit, ada pisang, cukup untuk energi anak. Karena ada buah dan karbo dari tepung.  Manfaat pisang memperlancar saluran pencernaan, mengobati gangguan lambung, menjaga keseimbangan air di dalam tubuh, menenangkan. Untuk  kacang mengandung protein, sebagai bahan dasar pembetuk sel-sel dan jaringan tubuh. Berperan dalam proses pertumbuhan, pemeliharaan, dan perbaikan jaringan tubuh yang mengalami kerusakan.



Ingin mencoba varian lain selain Peanut Butter, ada Skippy rasa cokelat, strawberi, dan anggur. Tiba-tiba di kepala saya ada ide. Mudah ya menyajikan kue camilan untuk keluarga atau bekal mereka sekolah dan bekerja. Kadang teman anak saya datang ke rumah. Tidak perlu bingung lagi kalau ada Skippy.

Saya membaca di web Skippy Peanut Butter bisa dipadu padan dengan buah. Nah anak-anak yang belum menyukai buah bisa dicoba. Ayam panggang dengan bumbu kacang. Tidak terpikir oleh saya. Ternyata juga bisa banget untuk topping minuman.
Bagi yang alergi kacang. Boleh coba tips saya jaga kondisi badan. Tidur cukup.  Kelola stress. Saya bisa kasih tip ini karena saya mempunyai riwayat alergi kacang-kacangan. Padahal saya sangat suka kacang. Cendol saja bisa saya beri topping kacang goreng. Mengenai alergi, saya menemukan di Facebook Skippy Indonesia  ada http://www.peanutallergy.com/symptoms-and-signs.html.

Sekilas tentang Skippy, selai ini diproduksi oleh PT.Sukanda Djaya, MM2100 Blok FF-Jl.Irian No.2 Cibitung Bekasi 17520.

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan dan Praxis sebagai perwakilan SKIPPY® Peanut Butter Indonesia.

Sumber:
Wirakusumah, Emma S. 2007. Jus Buah dan Sayuran.Jakarta: Penebar Swadaya.



2 comments:

  1. Asikkk kue pisangnya disukai anak2, kreatif mbak, saya suka binggung kalo selai kacang enaknya dibuat apa, paling diberikan ke roti aja hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Bikin menu baru untuk bekal si kecil. Biasanya ia hanya suka telur dadar dan nasi. Semenjak da skippy ia mau bekal kue pisang, sandwich menggunakan skippy, atau pepaya dioles skippy.

      Delete