4/25/2017

Soman Berbagi Sehat dan Bugar dalam BloggerDay 2017


#bloggerdayxsoman  #sehatbersamasoman BloggerCrony ulang tahun ke 2. Tepatnya tanggal 24 Februari. Dirayakannya  tanggal 18 Maret-19 Maret 2017.  Sebuah niat baik yang diwujudkan. Founder BC, Wardah Fajri dan Sato mereka memberikan hadiah untuk blogger. Mengundang 100 blogger untuk belajar bersama. Hadir 96 orang termasuk panitia. Pertemuan yang didukung SoMan ini bernama Bloggerday 2017 Mengenal dunia blogger lebih dalam. Mengasah ilmu. Piknik sekaligus menimba ilmu. Mengajak blogger sehat dan bugar luar dalam. Bila demikian semua akan mudah naik kelas.


Berangkat dari rumah hujan deras, diantar Ab ke stasiun lenteng Agung. Untung sudah siap jas hujan. Sudah rapi dalam ransel keluar lagi. Di rumah semampunya menyiapkan segalanya. Soalnya ditinggal 2 hari dan berusaha cucian dituntaskan. Kemarennya seharian saya foto guru hingga sore. Kerja dibungkus happy jadinya lelah tidak dihitung.  Esoknya jalan ke Bogor  hayuu saja.

Tiba di stasiun Bogor disambut oleh hujan lebat. Jas hujan dipakai lagi. Uhui inilah kota hujan pelajaran waktu SD. Waktu di Kalimantan saya hanya bisa membayangkan. Kota tempat tante saya kuliah. Nenek saya akan heboh banget kalau menyambut tante datang. Kita sekeluarga jemput tante di bandara. Berikut sepupu saya. Nenek masak besar. Beliau memang hobi masak. Tidak dipungkiri beliau menjadi kepala dapur di BLPP Binuang Tapin Kalimantan Selatan. Makanan dan minuman manis kesukaan beliau. Tak pelak beliau mengidap diabetes.

Eh apa hubungannya dengan menginap di Bogor dengan diabetes. Ada... baca terus ya.  Balik kisah di stasiun. Setelah celingukan bertemulah dengan Maria. Syukurlah saya tidak telat, malah menunggu. Attitude blogger tentang telat datang pada acara saya perhatikan. Pernah datang telat, tidak enak. Pernah diundang, padahal brandnya saya suka. Karena sudah janji pada pagi harinya, saya juga menghitung tidak cukup waktunya untuk datang ke acara brand tersebut. Saya putuskan untuk tidak datang, dengan memberi tahu pengundang terlebih dahulu.

Sambil menunggu teman-teman, saya men-charge hp. Lumayan agar ada amunisi bersosial media di tempat acara BloggerDay 2017. Baterai HP sudah banyak tahun, mustinya punya cadangan baterai. Seperti badan saja, musti di-charge dan dijaga agar awet.


Saat acara terkadang ada dress code. Bloggerday 2017 dc-nya baju ungu. Rupanya itu memudahkan teman blogger. Ada blogger dari Kal-Sel mencari-cari meeting pointnya dengan melihat warna ungu. Pita namanya, senang bertemu blogger dari Kal-Sel (asli Jakarta), karena jarang. Apa karena saya saja yang kurang gaul. Senang mendengar tentang kampung halaman apalagi setahun lebih tidak pulang.  Selanjutnya banyak yang datang, Nyonya Valentino Rossi  (baru sadar kalau nama dia ada tagline blog sabar syukur ikhlas, SSI, opo seh). Nyonya mengkoordinir blogger  naik angkot menuju lokasi. Kompasioner on the year ini low profile dan kocak. OOTDnya handuk kecil yang diletakkan di leher. Ramah melayani calon penumpang eh blogger.

Baru kali ini saya naik angkot isinya blogger semua. Apa yang terjadi? Saling follow twitter dan Instagram. Tidak lupa futu-futu dan upload di sosmed juga pasang tagar bloggerdayxSoman dan #SehatBersamaSoMan. Naik angkot banyak manfaatnya. Teman saya tadinya ingin naik ojek. Nah kata saya banyakkan keuntungannya naik angkot. Bagi dunia blogger follower sangat berarti apalagi ada engagement-nya. Jadi tidak sekadar follower pasif saja. Temu darat begini jadi mengenal blogger lain lebih dalam. Kalau di Jakarta mah tetep naik ojek. 



Sempat terlewat, untung Pita menggunakan google map. Akhirnya balik lagi. Menyusuri jalan kecil. Hujan telah reda. Acara bertempat di Kampoeng Wisata Rumah Joglo. Banyak obyek foto yang wah. Sayang fokus saya sedang tidak disitu  Pembawa acara Yosh Aditya yang kenes menyapa  rombongan.

Ada panggung unyu-unyu.  Blogger berkumpul di lapangan setelah charge hp dan energi, dan ruhani.  Sambutan dari Wawa Raji, latar belakang adanya bloggerday 2017 dan mengenalkan SoMan sebagai pendukung tunggal acara. Ia juga menyebutkan Direktorat Kesehatan Kerja dan Olah Raga Kemenkes sebagai partner dalam #bloggercare.  Juga sisternet.

Blogger disambut dengan hangat
Aryo Fajar, Head of Marketing Communications and Promotion PT. SoMan Indonesia  memberi welcoming speech. Lanjut acara pembagian hadiah pemenang best E-poster Facebook. Lomba keren-kerenan poster facebook. 10 orang yang terpilih adalah UliHP, Waya komala, Ratna Dewi, dan lain-lain. Acara #bloggerday sudah dimulai sejak sebelum berangkat.

Acara tersebut di panggung utama. Usai acara beralih ke Pendopo. Nah ini nih, tentang real live dan sosial media. Siapa yang suka baper bila baca status teman, atau yang tidak bisa membedakan antara dunia nyata dan dunia maya. Bila sekarang pemain medsos sudah facebook-an 5 tahun lebih. Pasti sudah tidak baper lagi bila pasangan like atau beri icon senyum pada orang lain. Kalau baru bermedsos, dipastikan sering berantem. Hanya gegara beri jempol pada lawan jenis.

"Social Media VS Real World"

Hayoo siapa yang tidak mempunyai akun sosial media sekarang?  Rata-rata pasti punya. Terkecuali sulit dijangkau internet. Nah saya dapat materi dari Ferri Yuniardo. Founder & Creator of Dikidi.com. Dalam acara Blogger Gathering  yang  diselenggarakan  oleh Blogger Crony. Judul workshop "Social Media VS Real World".

Latar belakang materi dan pembicara dipilih karena Sato Raji,  founder Blogger Crony pernah mengikuti workshop sosiobuzz yang diisi oleh Ferri. Isinya elegan, bagus ditularkan pada blogger. Tujuannya dapat menulis dengan elegan. So Ferri menjadi target sebagai pembicara bila  ada #bloggerhangout.

Pembicara  fouder Dikidi.com menjelaskan cara membedakan sosial media dan real world? Bagaimana tips menghadapi sosial media agar tidak stress dan baper. Semua terangkum di bawah ini.


Pertama.  Hidup kita bukan sosial media. Sangat penting kita tahu bahwa sebagian besar isi akun sosial media fake. CEO Dunia Komunikasi Digital  kagum pada artis yang akting di sosial media. Kasian masyarakat Indonesia menyimak serius padahal....mereka pura-pura bertengkar. Agar perhatian banyak tertuju pada mereka.  Meski  fake banyak yang mendapat penghasilan dari sosial media.


Bicara tentang baper bila melihat sosial media. Hayoo ngaku siapa yang baper melihat teman posting sedang berada di acara tertentu. Seharusnya tidak demikian. Tidak perlu sedih bila tidak diundang. Lakukan engagement. Like status teman atau retweet. Apa salahnya menolong teman.

Di Malaysia follower sedkit tetapi orang banyak melakukan sedekah like atau nge-share.  Sedekah RP 10.000 gampang. Tetapi untuk sedekah nge-share susah. Megapa demikian? Apa tidak mau teman lebih sukses. Padahal kalau saling membantu semua jadi sukses. Lihat di depan tempat pengajian, banyak  yang jualan kalender. Toh selesai pengajian tetap sama-sama habis jualannya. Begitu juga di sosial media.

Orang Indonesia pelit. Benar tidak ya? Saya  follow  baik yang saya kenal ataupun tidak. Hasilnya teman blogger yang sudah lama malang melintang di sosil media akan cepat followback. Kalau pelaku bisnis tingkahnya lucu nian setelah saya followback, ia unfollow. Saya mengamati di Instagram. Saya tidak tahu mengapa pelaku bisnis seperti itu. Sekarang saya sedikit follow yang jualan. Kalau blogger atau teman Insya Allah saya follow. Kalau ia unfollow, tidak buper paling membatin, ih. Lha belum sembuh penyakit bapernya.

Kedua Perhatikan isi status. Klien akan stalking sosial media terhadap blogger yang akan diajak kerja sama. Tiap hari update status melow. Mereka pasti mikir.

Bagaimana Kalau  update status isinya bisnis tiap hari tidak masalah. Misalnya jualan chasing handphone. Jangan marah terhadap status teman demikian. Kalau tidak mau melihat timeline dipenuhi dengan sharenya. Mudahkan di-setting saja agar tidak terlihat.

Kalau kita sering share status bisnis. Jangan takut dibenci teman, tidak apa-apa. Misalnya jualan jilbab Rp 20.000. Ada yang mencela. Adem saja. Bilang saja saya perlu uangnya. Daripada ngomel-ngomel belilah jilbab. Memberi keuntungan Rp 5.000 teman tidak masalahkan. Sebaiknya status promo/jualan diselingi dengan keadaan sekitar.

Ketiga. Kalau malu update dengan selfi. Ya jangan lakukan. Memang ada teman yang dianugerahi Allah dengan kecantikan atau ketampanan. Kalau mau update status tanpa selfi, caranya pagi update status gambar ayam. Ini sudah menyapa follower. Siang foto teman yang sedang melakukan kegiatan. Tentu ada etikanya, misal ijin. Fotonya juga sesuai norma.

Banyak  dayang-dayang /orang di sekeliling seleb kebanjiran endorsement, karena ia sering memfoto kegiatan seleb sehari-hari. Coba tengok follower IG nany para seleb (melebihi para blogger). Karena followernya mau melihat real keseharian artis atau anaknya. Diantara mereka ada yang mendapat endorse.

KeempatBanyak pelaku sosial media men-set up hidupnya. Tampak sempurna di jejaring sosial. Real Life Experience. Contoh Essena O Neill  ia mensetting hidupnya tampak sempurna. Namun akhirnya  gadis yang berasal dari Australia  ini memutuskan keluar dari kehidupan demikian. Social media is not real life. Padahal followernya Ig-nya banyak sekali.

Ferri menambahkan follower lebih tertarik dengan dengan status real life meskipun demikian harus dikemas dengan baik. Jangan posting galau terus karena membuat follower malas berinteraksi.

Dalam kehidupan di sosial media dapat dicermati  poin yang real dan bukan:

Relationship
Foto kiri menggambarkan  relasi yang baik antara pemilik dan binatang hewan peliharaan padahal aslinya tidak sesempurna itu.


Di Indonesia ada yang men-set up status bikin gemes orang. Misal Lambe Turah. Mereka sudah siap dengan resiko dari update status gosip. Identitas minceu (para admin) disembunyikan.

Pria yang bercita-cita menjadi sutradara dari kecil ini, pernah melakukan sosial media experience. Anak muda di kantornya membuat setting ‘miring’. Film pendek. Akhirnya mereka tidak tahan dengan pilihan mereka. Banyak yang menghujat.
Ferri membuat cerita orang berantem. Mendapat tanggapan. Cerita berikutnya tentang edukasi. Ada juga orang lain yang membuat video  pecahin handphone. Video berikutnya ternyata iklan reparasi handphone.

Mood.
Foto diatas tidurnya baik banget. Beneran tidur gak sih. Sebaliknya foto kiri tidur yang asik. Apa adanya.

Food. Pernah lihat foto burger yang sempurna? Itulah sosial media. Sisi yang paling sempurna ditampilkan.

Dare to be different
Berani berbeda dalam sosial media berefek kesuksesan seperti Raditya. Cerita  personifikasinya hebat. Untuk berbeda tentu ada usaha. Tahu trend dan buat sesuatu yang berbeda. Berbeda itu modal untuk ‘berjualan’ di sosial media.

Suffer the Pain of Discipline
Untuk mengetahui apa yang sedang trend, kudu rajin baca berita. Fokus dalam menggarap hasil temuan. Rasakan sedikit ‘sakit’ disiplin. Buah  dari disiplin pastilah manis.

Sesi terakhir banyak yang ingin bertanya, membuat moderator bingung memilih. Blogger antusias dengan materi ini. Nah setelah mengikuti #bloggerhangout dengan Ferri  rasanya menjadi sehat dan bugar dalam bersosial media. Agar seimbang dalam hidup jaga silaturahim secara langsung seperti #bloggerday2017.

Rundown menunjukkan break sebentar untuk ishoma-sholat Ashar. Saya senang hal seperti ini diperhatikan blogger crony. Sehat jiwa berawal dari sehat ruhiyah/spritual. Sehat badan juga karena kedekatan kita terhadap khalik. Walau sakit, kalau sudah berpegang dengan ketentuan  Allah hati tenang. Ikhtiar kita ada mencegah dan berobat.

GERMAS

Gerakan Masyarakat Sehat
Apakah anada ingin sehat? Ingin  bugar? Sehat belum tentu bugar. Sehat dan bugar tidak sama. Saya mencari makna sehat dalam KBBI kemendikbud . Sehat adalah seluruh badan  bebas dari sakit. Kata sehat  digunakan dalam menyatakan sehat dalam pikiran.  Bermakna baik dan normal. Arti kiasan digunakan dalam  politik bermakna dijalankan dengan hati-hati dan baik. Di bidang keuangan dan ekonomi berarti berjalan dengan baik atau sebagaimana mestinya. Bugar bermakna sehat dan segar. Kesehatan bukan segalanya, tetapi tanpa kesehatan segala-galanya bukan apa-apa


Dalam kesempatan berbagi dengan blogger Ibu drg. Kartini Rustandi, M. Kes mengemukan tentang GERMAS. Gerakan Masyarakat Hidup Sehat adalah suatu tindakan yang sistematis, terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.
Gerakan ini bertujuan agar  masyarakat berperilaku sehat, sehingga  berdampak pada :
1. Kesehatan terjaga
2. Jika sehat, produktivitas masyarakat meningkat
3. Terciptanya lingkungan yang bersih
4. Beban masyarakat untuk merawat orang sakit berkurang

#bloggerdayxsoman #SehatbersamaSoMan
Senam Sehat Bugar mengurangi lelah dan mengembalikan konsentrasi
Meski sekarang sudah  ada BPJS. Doanya bukan sakit tetapi bersyukur bisa berbagi.  Teman blogger geeeer ketika ibu Kartini bicara ini. Iya ya benar juga. Kalau saya berpikir ada BPJS berarti aman  kalau sakit. Pas banyak orang sakit. Saya sombong, keluarga saya dong tidak pernah masuk rumah sakit. Eh tidak berapa lama saya masuk rumah sakit karena typus. Terus bergiliran anak-anak sakit, meski tidak sampai masuk rumah sakit. Kesehatan jiwa juga penting, maksudnya selalu berpikir positif dan berdoa.

Harapannya tingkat kesadaran masyarakat meningkat dengan adanya gerakan ini. Blogger bisa menulis tentang gerakan ini. Misal ada kegiatan olah raga di lorong kantor atau di gang. Inspiratif. Tidak perlu lahan yang luas untuk senam.

Ibu Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan Republik Indonesia  menantang blogger yang hadir untuk bangun pagi keesokan hari. Melakukan tes kebugaran. Bugar tidak ya? Ada tips dari beliau untuk sehat dan bugar. Hal ini juga merupakan fokus kegiatan GERMAS.

Perhatikan  Makanan

Memilih asupan, penting, seperti kata bu Kartini.
“Ingat harus makan sayur dan buah biar sehat terus. Masyarakat Indonesia 97 % tidak makan sayur dan buah. Allah menciptakan Indonesia indah dan kaya. Di Eropa ada musim salju. Indonesia sepanjang tahun ada buah dan sayur.  Jangan karena malas mengupas  semangka atau rambutan tidak mau makan.” 
makan saja dengan kulit-kulitnya,” celutuk Yosi, MC.   Walah.  Tidak ada alasan untuk tidak makan  buah.

Tingkatkan aktivitas fisik, sehat setiap hari. Olah raga sederhana tetapi berkesinambungan.

Bedakan  antara aktivitas fisik dan latihan fisik. Aktivitas fisik, gerakan tubuh yang mengeluarkan energi. Misalnya ngepel, jalan kaki. Jalan dari tegal waru ke Dramaga  boleh, seloroh bu Kartini. 

Sedangkan latihan fisik setingkat lebih tinggi dari aktivitas fisik. Latihan fisik, terstruktur, terpercaya,  dan berkesinambungan. Contoh senam dan renang.  Bila belum rutin, mulailah dari sekarang. Niatnya sekarangrealnya dua tahun lagi,  yang penting niat kata Yos.

Lebih tinggi lagi lagi olah raga. Dilakukan seperti aktivitas fisik ditambah dengan adanya aturan tertentu. Contoh Sepak bola. Lakukan minimal seminggu dua kali dan teratur waktunya.

Semua kegiatan tersebut diatas dilakukan dengan baik, benar,  terukur dan teratur. Baik  artinya tidak sombong, dengan memperhatikan kondisi medis, bertahap dan berkesinambungan.

Cek kesehatan secara rutin.

Siapa yang terakhir memeriksakan tensinya? Dengan mengetahui kondisi kesehatan bisa berobat atau mencegah. Sebaiknya konsumsi garam dikurangi  kalau sudah tahu hipertensi. Jangan sampai terlambat memperiksakan diri. Misalnya diabetes. Takutnya sudah tinggi baru diketahui. Artinya kita merasa sehat padahal tidak.

Sorenya  tentang produk SoMan. Beberapa blogger sudah menggunakan produk ini sebagain lagi ada yang mengenal produk lewat iklan radio. Di televisi juga sudah banyak diulas. 

Soman Blogger Gathering


Sesi #Bloggerview dipimpin langsung oleh  Ario Fajar, Head of Marketing Communications and Promotion PT. Soman Indonesia. Acara dimulai dengan main game, memisahkan kartu bergambar sayur, buah, dan rempah. Banyak yang biingung tomat termasuk sayur atau buah. Jawab yang tepat adalah sayur. Air kelapa termasuk buah karena berasal dari buah. Selanjutnya mengenal lebih jauh produk SoMan (Sozo Formula Manggata 1).


#bloggerdayxsoman #SehatbersamaSoMan
Seperti diatur saja posenya. Sedang bermain game








#bloggerdayxsoman #SehatbersamaSoMan



Dr Grace Maria Salindeho, M.Kes, konsultan medis SoMan dan dokter BPJS. Bersama Tatu Ratna Sari, S.Farm., Apt. Banyak berbagi pengalaman dan pengetahuan produk. Soman dikategorikan:

1.  Terbanyak karena mengandung 39 bahan terdiri sayur, buah, dan rempah.

2.  Terkuat karena mengandung antioksidan yang tinggi kiwi vitamin Cnya 30 lebih tinggi dibandingkan jeruk. Pantas pernah mencoba jus kiwi tanpa gula rasanya asam.

3.  Tertinggi karena Phnya tinggi di atas 9 .
Badan manusia sehat 7 kalau dibawah itu kurang sehat. Kanker ph 5. Terbukti karena banyak testimoni. Terbaik pembuatnya jelas dan jujur.

4.  Terbaik karena direkomendasikan oleh dokter. Untuk orang yang sudah suntik insulin. Tetap disuntik dan bisa mengkonsumsi SoMan. Jaraknya 2 jam sebelum disuntik atau sebelum minum obat. 

5.  Terkompleks karena bekerja langsung ke sel. Sel sakit tubuh jadi sakit. Terkompleks karena proses pembuatannya. SoMan tidak mengandung alkohol. Sudah sertifikat halal. Nah ini yang penting.

6.  Teruji. teruji dalam proses pengujian. Uji kandungan dan uji toksisitas di lab Saraswanti Indo Genetech. Uji klinik diabetes di UGM. Sudah diuji secara fitokomia di LPPM IPB. Uji pre klinik kolestrol di Universitas Pancasila.  Bersinergi dengan obat dokter.

7.  Terpercaya,


#bloggerdayxsoman
Pemenang live tweet by SoMan
Usai pembagian kamar, ishoma kegiatan #bloggerhangout dilanjutkan dengan materi "Attitude Penting Ya?" Workshop Personality & Personal Branding

Personal Branding


Tenaga ahli yang memberikan materi ini adalah Ririn Rosaline, Personal Branding, Public Speaking, and PR Skills FACILITATOR & TRAINER. Associate Consultant for Marketing Communication Strategies at toska PR.

Ririn memulai dengan menjabat tangan blogger. Berjabat tangan itu penting karena menunjukkan percaya diri seseorang atau tidak.

Personal branding adalah proses pengenalan diri.  Belajar personal branding dimulai dari sendiri. Pertanyaan pertama Siapa saya. Gambarkan diri sendiri. Ada 3 hal yang bisa mengidentifikasi diri. Identitas sosial, ciri fisik, status menikah atau lajang. Kedua, apa yang orang pikirkan tentang saya. Ketiga, bagaimana kita dan orang lain memandang diri kita. Jadi personal branding adalah apa yang kita pikirkan tentang diri kita dan orang lain pikirkan tentang kita. Bila kesan orang lain sesuai berarti kita sudah dijalur yang benar. Menurut Jeff Bezoz, founder dan CEO Amazon.com Personal Branding is what people say about you when you are no in the room.


Ketika mengenal teman. Kita tahu ia cantik, lucu, jujur atau rame bila itu sesuai dengan yang dipikirkannya berarti itu personal brandingnya. Kita adalah apa yang dipikirkan orang lain. Pola pikir yang harus diubah adalah biar deh terserah orang mau mikir apa? Jangan menggantungkan branding pada orang lain. Memang mau mempunyai branding jelek.  Jika orang lain bicara negatif artinya ada yang salah dengan cara kita mem-branding diri.  Kalau orang lain sesuai dengan branding kita  berarti kita sudah bisa mengidentifikasi diri. Harus mengenal diri sendiri untuk memulai personal  branding.

Seorang blogger tidak cukup dengan tulisan yang bagus. Ia harus mempunyai attitude sebab itu penting. Harus dijaga. Misalnya tulisannya sudah bagus tetapi ia sering datang terlambat datang ke acara. Sepele. Jangan abai bisa jadi itu sebagai penilaian orang lain.

Bagaimana branding dibangun? Kita sebagai orang awam harus membangun dan mempertajam branding diri sendiri. Untuk seleb atau anak pejabat biasanya branding sudah terbangun. Anak A yang politikus, orang lain biasanya membrandingnya sama seperti dengan ayahnya atau ibunya. Menciptakan branding secara natural. Bukan pencintraan semu.  Personal branding bukan hanya untuk artis, orang bisnis, pejabat, politikus, seniman, dan lain-lain. Bukan juga mengubah kepribadian, mengemas menjadi menarik, atau untuk orang yang berusia muda.

Melakukan personal branding harus persistensi, konsisten, menyediakan waktu, berkomitmen dan berkelanjutan. Agar kita tidak seperti bunglon. 

Orang sukses  personal brandingnya positif.  Bagaiamana cara membangun personal branding yang positif?. Ada 4 hal yaitu

1.  Personality, dipengaruhi oleh 

Attitude, terlihat pada etiket, perilaku, dan pendirian. Attitude  seperti label harga, menunjukkan betapa berharganya kamu. Contoh Oprah personal brandingnya dari attitude. Ia berprestasi, pintar dan berjiwa sosial.
Anda dapat mendedikasikan banyak waktu untuk menyempurnakan resume.  Mengunggah headshot profesional ke profil LinkedIn. Memaksimalkan pengaturan privasi di semua akun media sosial lainnya, hanya sedikit interaksi buruk yang membuat brand jelek. Seberapa banyak pengalaman dan keterampilan tetap tidak  bisa menutupi attitude  buruk. Andrew Stofleth- Marketing Consultant.




Competency, dr Boyke Dian Nugraha, SpOG MARS dalam kategori ini. Ia menonjol dalam bidangnya yaitu seksologi. Kompetensi meliputi ketrampilan, pengetahuan, dan kemampuan.
Total look
Kepribadian terbentuk dari apa yang membuat seperti dirimu. Penampilan mempengaruhi cara pandang orang terhadap diri kita.  Ririn bercerita ada seorang ibu setiap antar jemput anaknya, berpenampilan tidak selayaknya. Orang lain tidak berani memberi tahu. Ririn mau mengatakannya. Ibu tersebut kini berpenampilan baik.

Kenali Acara yang akan dihadiri; apakah acara santai, semi formal, atau acara formal. Perhatikan dress code (jika ada). Gunakan warna-warna “aman”. Tidak berdandan berlebihan dan berpenampilan sesuai karakter.

Sebelum hadir dalam sebuah pertemuan apa saja yang perlu dipersiapkan. Pakaian tidak perlu mahal dan branded. Siapkan sebelum beraktifitas. Pakaian harus nyaman. Miliki beberapa item yang sama namun berbeda corak dan warna untuk memudahkan padu-padan. Aksesoris seperlunya. Praktis. Perhatikan kesehatan dan kebersihan rambut dan gigi. Kenakan alas kaki yang nyaman sesuai dengan aktivitas yang akan dilakukan.

Ada winning personality simak chart dari Ririn di bawah ini.

Attentive. Hal yang harus dipunya orang. Penuh perhatian pada orang lain yang kita temui. Sebagai blogger perhatikan  pengundang. Ada pihak yang tidak bisa terlihat santai.

Respectful. Menghormati orang lain. Misalnya diundang perusahaan. Blogger respek terhadap pengundang. Jangan langsug  datang saja. Simak acaranya? Apa boleh membawa anak? Tidak bisa datang. Beri tahu kepada pengundang tidak bisa datang beberapa hari sebelumnya. Dalam bergaul dengan orang lain. Respect pada privasi orang lain. Kapan kamu kawin? Kapan punya anak? Pertanyaan ini tidak boleh diajukan.

Politeness. Dalam menulis ada sopan santun juga. Karena bisa menyakiti orang lain. Apalagi sekarang era internet. Ngeri. Bisa dihapus di akun, tetapi kalau sudah terlanjur dibagikan. Tak akan terhapus. Ketika kita mempunyai perilaku negatif orang lain akan menjauh.

Hati-hati mengkritik orang lain secara langsung. Bila kenal dan  berteman akrab orang yang dikritik atau dikomentari  akan maklum. Kalau tidak kenal  bagaimana?

Sincere. Meminta maaflah dengan tulus.

Self Confident. Apa yang membuat rendah diri? Percaya diri bisa dilatih. Misalnya akan bertemu dengan orang asing. Tidak tahu apa yang dibicarakan. Belajar bahasanya. Sebelumnya juga pelajari terlebih dahulu, levelnya dimana CEO, manajer, atau staff.

Optimistic. Punya personality orang akan percaya. Kata-kata yang membuat optimis. Yakin bisa. Saya bisa.  Saya akan mencoba mencari tahu atau solusinya. Usaha dulu. Optimis harus. Orang lain bisa melakukan pekerjaan saya, tetapi ia tidak bisa seperti saya.

Hospitality & Friendly. Orang nyaman dengan kita. Gampang didekati.

Assertive. Lawan dari tidak enakkan. Berkata tidak atau iya dengan sopan.

Empathy. Mengerti dan merasakan kesulitan orang lain.

2.    Networking, terdiri dari  social media dan community
3.    Diferensiasi, dibangun oleh unik dan otentik
4.    Konsisten, komitmen, repetisi

Setelah menerima materi ini saya merasa, sehat itu juga ada di personal branding. Selesai materi, blogger masih belum beranjak ada materi yang tidak kalah menarik dan penting, yaitu

Workshop Menulis Review Elegan dan Berdampak

Kata elegan menurut saya lucu, karena ada story dengan kata tersebut. Saya   tidak tepat menggunakan kata tersebut.

Elegan dalam KBBI kemendikbud artinya luwes, anggun, elok, rapi. Kalau review  elegan seperti apa? Anwari Natari: editor, trainer dan  fasilitator bahasa dan komunikasi berbagi ilmunya pada blogger.

Ada 7 hal yang harus dikuasai Blogger  dalam membuat review:

1.       Kalimat efektif

Ini Bahayanya Tidur sambil Kenakan  Bra. Judul sebuah artikel. Bayangkan sambil tidur melakukan hal itu bagaimana caranya?
Untuk menyingkat waktu. Masa waktu bisa disingkat.

2.       Pilihan kata yang tepat

Gara-gara Tak Mau Sikat Gigi, Ibu Bunuh Anaknya yang Masih Balita.
Pilihan kata berpengaruh pada pembaca.

3.       Penalaran/logika

Berbalut infus, artis X menyapa awak media. Gunakan logika dalam membuat kalimat yang runut dan enak dibaca. Dalam kalimat contoh,  pembaca akan membayangkan artis dibalut infus seperti mumi.

Kalimat tidak masuk akal. Suami tega menghamili istrinya. Dalam keadaan tewas jatuh ke bawah. Masyarakat menyaksikan rombongan jenazah

Bola itu bundar. Bulat 3 dimensi sedangkan bundar 2 dimensi. Bulan bulat tetapi tampak bundar. Ini termasuk logika bahasa. Penggunaan kata itu soal logika

4.       Judul harus jelas/clear
Agus Sindir Penghinaan Ulama Ahok di Acara Istighosah. Buat kalimat efektif dalam membuat judul. 

5.       EYD
KTP-el Palsu Dibungkus Kardus Kecil, Dikirim dari Kamboja.

Di tikungan itu banyak terjadi kecelakaan
Di tikungan itu sering terjadi kecelakaan.
Blog itu semi jurnalistik. Baku tidak harus menggunakan bahasa baku.

6.       Elaborasi kutipan.

Jangan membuat pembaca bingung  ketika menulis kalimat kutipan. Bahasa narasumber 
boleh diubah.

Away panggilan dari Anwari, memberikan list yang harus diperhatikan blogger.

Peran blogger di dunia dan Indonesia

Persepsi saya tulisan blogger bisa berdampak positif bagi dunia maupun akhirat. Eh, Indonesia.  Misalnya menulis tentang masalah kemanusiaan , keindahan Indonesia.

Masalah blogger secara umum

·         Pengetahuan menulis minim
·         Minim pengetahuan dan ketrampilan bahasa.
·         Tidak peduli masalah bahasa
·         Bagi citizen journalist, kurang mengetahui dasar jurnalistik.
Misal saat menonton bola perhatikan  reporter. Ia biasanya menyebutkan ... memaksa kiper memungut bola. Belum tentu si kiper yang memungut  bisa saja orang lain.
·         Tidak produktif karena khawatir dinilai buruk

Masalah Berbahasa secara umum
Kalimat yang dianggap biasa. Contoh: Padahal, pihak pengelola telah melarang sepeda motor masuk ke dalam area tersebut.

Yang menitip sepeda motor harap dikunci. Yang bawa HP harap dimatikan.

Saya: Pak Herman nggak ada ya? Bisa dengan yang lain?
OB: Maaf, Pak,  di sini lagi gak ada orang.

Maaf, orangnya nggak ada. (kepada pengamen).
A: Itu buat Mamat?
B: Bukan buat kamu.

Saya punya motor sudah rusak.
Motor saya rusak.
Wah, itu ayam saya suka sama dia punya sambel.
Bang, sambelnya banyakkan dikit.
Pertanyaan ketika selesai menulis.
1.    Benarkah sama-sama mengerti.
2.    Jika iya, benarkah mengerti dengan tepat?
3.    Jika sudah tepat, sudah menerima dengan baik dan nyaman?
Perhatikan kalimat ini.
1.    Agus Makan ayam kemaren.
2.    Istri: Kamu gak makan dulu?
3.    Suami: Sudah telat! Nanti aku makan di tengah jalan aja.
4.    Kamu kambing atau ayam?
5.    Spidolnya gak nyata nih

Gejala umum berbahasa. Komunikasi itu yang penting lawan bicara mengerti. Tidak perlu dibuat ribet. Menulis itu terserah saja. Penting pembaca mengerti. Sudah biasa digunakan. Orang lain juga menulis seperti itu. Penyebab dari dalam diri. Yang penting isinya benar. Dikejar deadline. Anggapan salah. Tulisan yang penting isinya, idenya, bahasa yang asik adalah bahasa tanpa aturan. Apa akibatnya. Kesalahan terus dilakukan blogger. Kesalahan bahasa dapat menyebar karena dianggap benar. Kesalahan bahasa dilakukan turun-temurun.

Reviuw versus copywriting

Copywriting memberikan informasi untuk mengarahkan keputusan pembaca.  Sedang review hanya menyampaikan dan memberikan informasi. Keputusan ada pada pembaca.  Sebelum menulis tetapkan tujuan menulis. Selalu ada cara agar tidak berbohong.  Hard selling tidak selalu diinginkan oleh brand.

Contoh
Copy writing
Galaxi Note 5, Sang ‘Asisten’ Cerdas Yang Luar Biasa
Review
Galaxy Note 5, Sang ‘Asisten’ Cerdas yang Serba Bisa

Memaksimalkan konten dengan bahasa

Pekerjaan menulis adalah melayani pembaca. Ketika mereka membaca sebuah blog targetnya adalah tercerahkan. Belajar lebih banyak agar kalimat tidak template seperti pramusaji di restoran, tidak palsu  dan artifisial/ bahasa terkontruksi. Beli buku agar lebih kaya dalam mengolah kalimat.

Problem saya sering menggunakan kata pasif. Agar tidak menyebutkan subyek. Biasanya menggunakan awalan di. Padahal ini menghilangkan subyek Misalnya saya menulis tentang tokoh. Agar tidak menyebutkan namanya terus menerus saya mengganti dengan informasi orang tersebut.  Kalimat aktif itu membuat tulisan kaya kata Away.  Menyiasati agar tulisan tidak kehabisan kata ganti, buat tiga paragraf atau lebih. Bagi informasi tentang tokoh pada masing-masing paragraf. Bila sudah ‘kehabisan’ ulang lagi informasinya di paragraf berikutnya.

Banyak yang mengatakan pemateri menyampaikan dengan kocak. Tidak sedikit blogger duduk manis hingga akhir acara, yaitu sekitar jam 23.40 WIB. Dapat lagi ilmu sehat, kali ini sehat dalam menulis review.
#bloggerdayxsoman
Foto bersama. Sumber foto @bloggercrony

Test kebugaran


Tidur bersama blogger satu pendopo beramai-ramai baru kali ini saya rasakan.  Bertemu sebentar saja sudah seperti saudara. Apalagi ini.  Sebelum subuh saya sudah antre untuk mandi. Dingin? Ini resep jaman baheula kalau di daerah Bandung, Bogor, atau puncak mandi sebelum subuh. Katanya malah hangat.

Keenakan dalam pendopo (tempat tidur blogger). Saya mager untuk ikut test kebugaran. Padahal penting sekali. Kapan lagi bertemu dengan tim Gerakan Masyarakat Sehat. Denger-denger ada tempat test kebugaran di Kemenkes.

Saya terlambat tiba di lapangan. Hampir terakhir dalam barisan antrean.  Teman blogger antrepun tetap produktif. Ada saja yang dibagi dalam sosmednya.  Sambil berbaris  mengisi form. Lumayan lama menunggu giliran.

Akhirnya tiba giliran untuk periksa darah. Cek gula darah dan kolestrol.  Hasilnya gula kadar saya normal. Sedang kolestrol di atas 200 artinya tinggi.  Lanjut mengukur massa otot. Konsekuensi kurang makan buah walhasil banyak lemak.

Sebelum tes kebugaran, pemanasan terlebih dahulu. Tesnya berjalan pelan, cepat  atau berlari yang penting ajeg. Tidak boleh selang seling. Lari, jalan, lari kasian jantung mempompa tidak stabil. Saya memilih berjalan, karena sudah lama tidak lari. Sehari-hari saya berjalan sekitar 1 jam berkeliling dari kelompok bermain hingga kelas 6. Tugas saya mendokumentasikan kegiatan anak belajar.



Saya kagum dengan teman blogger dengan menggendong anak,  bisa menyelesaikan target. Berkeliling lapangan jaraknya sekitar 1,6 km.

Selesai berkeliling, tidak langsung berhenti, dipimpin pak Chandra dokter Olah Raga, saya dan kelompok melakukan pendinginan dan perenggangan.

Hanya 5 menit,  hasil kebugaran jantung-paru sudah dipindahkan coach di tabel kartu menuju bugar. Nilai bugar saya cukup. Untuk kegiatan berikutnya di rumah saya harus latihan  fisik sebaiknya 3 kali dalam seminggu. Lama latihan fisik 30-40 menit.

Rupanya mengelilingi lapangan tidak cukup, teman blogger melanjutkan acaranya di kolam renang. Terutama blogger yang membawa putra/putrinya. Sebagian lagi packing barang. Then, woro-woro dari panitia untuk berkumpul di pendopo.

Pengumuman Pemenang

Rata-rata blogger yang datang dari Jakarta, Bogor, Bekasi, Tanggerang, Lampung, Bandung, Klaten, Yogyakarta, bahkan dari Banjarmasin  share kegiatan di sosial media. Dari pembukaan acara hingga acara bebas (berenang atau yang lainnya). Untuk mengapresiasi, banyak hadiah untuk blogger. Kategori Best Instagram Post by SOMAN. Sedang dari BloggerCrony: 3 Testimoni terbaik Sharing Session Bloggers. 3 Peserta Teraktif Workshop. 3 Peserta Teraktif di Medsos.


Penghargaan yang ditunggu-tunggu adalah Most Wanted Blog award. Penilaian berdasarkan postingan. Tidak hanya postingan  review melainkan postingan keseharian. Blogger yang mendapat penghargaan adalah Ophi Zhiadah dan blogger tinggal di Ambon, Amanda Ratih. Saya pernah mampir ke blognya. Ambon manise banget. Pas jaman SMP-SMA punya sahabat pena orang sana. Zaman itu untuk mengetahui suatu daerah tidak mudah. Sekarang mudah sekali,  berkat  ada blogger yang mau menceritakan daerahnya atau yang dikunjungi.

Tidak terasa dipenghujung acara. Harus pamit dengan penyelenggara BloggerDay 2017 by SoMan, founder BloggerCrony dan adik panitia. Banyak sekali yang saya peroleh. Tidak saja belajar sehat dan bugar secara jasmani bersama SoMan dan Kemenkes. Juga belajar sehat dan bugar dalam bersosial media, mem-branding diri, plus tulisan yang bermanfaat dan berdampak. Tidak hanya itu tambah teman, tambah follower, tambah fresh karena menghirup udara sejuk.

Soman tidak saja  berbagi sehat dan bugar pada BloggerDay 2017. Pengetahuan dan informasi yang saya peroleh, saya sampaikan pada  keluarga dan teman.


SoMan Memperbaiki Stamina

SoMan bukan obat tetapi lebih dari obat. SoMan adalah jamu atau herbal. Bentuknya tetes. Ada 39 unsur yang termasuk dalam produk ini. 18 buah, 12 sayur dan 9 rempah.  Yuk coba simak satu-satu kegunaannya.

1.    Buah Merah:
2.   Manggis (Mangosteen Garcinia.  Mangostana Linn)  Kandungan zat gizi dan fitonutrien: vitamin C vitamin B1 dan vitamin B2. Mineral besi, fosfor, kalsium, potasium dan kalium. Serat.
Manfaat manggis melancarkan saluran pencernaan dan mencegah konstipasi, sebagai antioksidan dan meningkatkan kekebalan tubuh, dan meredakan demam.
3.   Nanas (Ananas comosus merr.)  Kandungan zat gizi dan fitonutrien: gula dalam bentuk dextrosa dan Sacharosa, vitamin C, vitamin B, asam folat dan tiamin. mineral besi, potasium, kalium potasium dan magnesium. Enzim bromelin dan peroksidase. serat.
Manfaat memperlancar saluran pencernaan dan mencegah konstipasi. Sebagai antioksidan dan anti kanker. Menurunkan risiko penyakit jantung dalam mencegah stroke. Membantu pencernaan protein dalam tubuh. menyembuhkan artritis, luka, infeksi dan saluran pernafasan.
4.   Buah Naga (Hylocereus undatus) mengandung provitamin A (karotenoid), vitamin C, dan Vitamin E. Mineral besi, kalsium, fosfor dan potasium/kalium.
Manfaat buah Naga, anti kanker dan antioksidan, menyembuhkan rematik dan asam urat, mengontrol kadar kolestrol darah, meningkatkan kesehatan mata, melancarkan pencernaan dan mencegah konstipasi.
5.  Kiwi (Actinida chinensis)  kandungan gizi provitamin A vitamin C dan vitamin E dan potasium/kalsium, kalium dan serat. 
Manfaat kiwi melancarkan saluran pencernaan, mencegah konstipasi, sebagai antioksidan dan meningkatkan kekebalan tubuh.
6.    Mengkudu
7.  Belimbing (Averrhoa carambola Linn) vitamin C dan provitamin A (karotenoid) mineral besi fosfor kalsium dan kalium/potasium, pektin dan serat.
Manfaat menurunkan tekanan darah. Sebagai antioksidan dan antikanker. Meningkatkan daya tahan tubuh. Mencegah dan mengobati sariawan. memperlancar pencernaan dan mencegah konstipasi, menurunkan tingkat kolesterol dan gula darah mengencerkan dahak dan mengobati batuk.
8.    Belimbing sayur
9.    Air kelapa.
10. Anggur (Vitis vivera) mengandung serat polifenol, pektin, cafeic acid, mineral besi, fosfor, kalsium, dan kalium/potasium, kadar air tinggi, Vitamin C, provitamin A, vitamin B1 (thiamin), dan vitamin B2.
Manfaat anggur, menurunkan kolestrol, mencegah kerusakan gigi. Sebagai antivirus dan antikanker, mencegah konstipasi. membersihkan hati, membantu fungsi ginjal dan baik untuk pembentukan sel darah.
11.  Tomat (Lycopersicum esculentum).  Kandungan provitamin A (karotenoid), vitamin B1, vitamin C dan asam folat, mineral kalsium, besi, belerang, potasium kalium dan fosfor licopene, saponin lutien dan caumarin, asam sitrat, serat. 
Manfaat tomat, membersihkan darah dan hati, mencegah usus buntu sebagai antikanker, mencegah kanker prostat dan payudara, mencegah terjadinya penggumpalan darah sebagai obat Artritis.
12.    Buah maja
13.    Apel Malang (Malus sylvestris mill.) mengandung provitamin A (karotenoid), vitamin B dan vitamin C, mineral besi, kalsium, fosfor dan potasium/kalium, ellagic acid, caffeic acid dan chlorogenic acid (antikanker), pektin dan serat.
Manfaat apel menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah menstabilkan gula darah, mengurangi nafsu makan, membunuh virus infeksi, meningkatkan kolesterol baik, memperlancar sistem pencernaan, mempertahankan kesehatan urat saraf, sebagai antikanker, sebagai obat jantung, suplemen yang baik untuk kulit rambut dan kuku, mencegah konstipasi dan kanker usus.
14. Sirsak (Annona muricata Linn) mengandung Vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2, potasium. Kalium. kalsium dan fosfor, serat.
Manfaat membantu dalam pengobatan batu empedu memperlancar saluran pencernaan dan mencegah konstipasi, meningkatkan daya tahan tubuh, dan meningkatkan nafsu makan.
15. Mangga (Mangifera indica Linn.) mengandung vitamin A, vitamin C, provitamin A (karotenoid), vitamin E dan niasin, mineral fosfor, kalsium dan potasium/kalium,  flavonoid dan serat.
Manfaat mangga sebagai desinfektan bagi tubuh dan membersihkan darah, menurunkan panas tubuh, menghilangkan bau tubuh, sebagai antikanker dan antioksidan, memperlancar saluran pencernaan dan mencegah konstipasi.
16.  Alpukat (Persea americana mill). Mengandung asam lemak oleat dan linoleat. Provitamin A, vitamin C vitamin E, dan vitamin B. Mineral  besi, tembaga, magnesium, dan kalium (potasium). Manfaatnya menurunkan kadar kolesterol darah. Membantu regenerasi darah dan mencegah anemia. Melembabkan kulit. Mencegah konstipasi.
17.  Jeruk bali (Citrus maxima). Kandungan jeruk bali: provitamin A (karotenoid), vitamin C, vitamin B1,  vitamin B2 dan asam folat. Mineral potasium, kalium, kalsium dan fosfor. Flavonoid, pektin dan lycopene.
Manfaat jeruk bali sebagai antikanker, menurunkan kadar kolesterol, menurunkan risiko penyakit jantung, menormalkan tingkat hematokrit, membersihkan sel darah merah dan mencegah anemia. Memperlancar saluran pencernaan dan mencegah konstipasi.
18.  Jeruk Cina
19.  Pepaya (Carica papaya Linn). Kandungan provitamin A dan vitamin, C mineral besi, potasium, kalium dan magnesium. Flavonoid, Enzim papain, serat. 
Manfaat pepaya sebagai antioksidan dan antikanker. Memperlancar saluran pencernaan dan mencegah konstipasi, membantu pemecahan serat makanan sehingga feses lebih mudah dikeluarkan, menyembuhkan luka, infeksi dan alergi
20.  Pisang  (Banana Musa paradisiaca). Kandungan karbohidrat dalam bentuk pati dan gula provitamin A (karotenoid), asam folat, vitamin B2 (riboflavin) dan vitamin C. Mineral besi, potasium kalium, dan magnesium, pektin.
Manfaat pisang memperlancar saluran pencernaan dan pencegah  konstipasi mengurangi asam lambung dan mengobati gangguan lambung.  Sebagai antioksidan dan anti kanker. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah baik untuk darah dan jantung mencegah keseimbangan air di dalam tubuh.
21.  Goroho
22.  Bayam kaya dengan zat besi
23.  Seledri (Apium graveolens) provitamin A (karotenoid), vitamin B dan vitamin C.  Mineral kalsium fosfor, sodium, klor, potasium/kalium dan magnesium. Asparagin apigenin, kholin dan saponin. Minyak asiri. Senyawa sedatif (phathalide), dan serat. 
Manfaat seledri memperlambat proses penuaan, menurunkan kadar kolesterol dan darah kolesterol darah. Menjaga kelenturan dan aktivitas otot. Menetralkan asam tubuh. Membersihkan aliran darah melindungi otak dan sistem saraf yang menjaga berat tubuh agar tetap normal. Membantu melarutkan kalium dan kalsium dalam tubuh menurunkan tekanan darah. Mengobati alergi pada tubuh. Sebagai antikanker. Menurunkan tekanan darah.
24.  Wortel (Daucus carota). Kandungan provitamin A (karotenoid), mineral kalsium,  fosfor, potasium/kalium. Caumarin dan lutien. Serat.
Manfaat wortel baik untuk kesehatan mata, mencegah xerophthalmia, menurunkan kolesterol darah, memperlancar saluran pencernaan dan mencegah konstipasi, meningkatkan ketahanan tubuh terhadap penyakit infeksi, sebagai antikanker, menjaga kesehatan hati dan menurunkan tekanan darah.
25.  Sawi putih (Nasturtium montanum). Mengandung Pro vitamin A (karotenoid), vitamin B, vitamin C, Rorifone dan rofimade, serat.
Manfaat sawi putih mengobati penyakit influenza, mengobati rematik dan nyeri sendi. Mengobati bisul dan luka memar. Mengobati gangguan pada saluran kencing. Mengobati diare dan gangguan pencernaan.
26.  Kentang
27.  Kemangi
28.  Peria (Pare, Paria, Momordica charantina). Kandungan asam lemak oleat, linoleat, stearat dan oleostearat. Provitamin A (karotenoid), vitamin B dan vitamin C.  Alkoloid momordisin, karatin (hidroksitriptamin), dan saponin. Manfaat pare mengobati demam disentri dan cacingan pada anak. Mengendalikan penyakit diabetes, stroke dan lever. Mengobati panas dalam dan sariawan. Mengobati bisul abses dan eksim basah. Mengobati batuk rejan,  malaria, sembelit kencing nanah dan wasir. Memperlancar ASI. Baik untuk penderita HIV. Menurunkan kadar kolesterol.
29.  Umbi manggata
30.  Rosella
31.  Kayu manis
32.  Pasak bumi
33.  Temu putih
34.  Bawang putih
35.  Jinten hitam
36.  Ketepeng Cina
37.  Terong ungu
38.  Kacang merah
39.  Kedelai (Glycine max). Kandungan protein provitamin A vitamin B1 dan vitamin B2. Mineral potasium/kalium, kalsium dan fosfor. Isoflavon (deidzen, genestein), fitoestrogen dan saponin.
Manfaat kacang kedelai menurunkan kolesterol dan menurunkan risiko terkena aterosklerosis. Sebagai antioksidan. Mencegah Osteoporosis. Mengurangi keluhan keluhan yang dialami wanita menopause. Menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.

Wuih capek bacanya? Apalagi beli satu-satu dipasar, belum ada bahan yang sulit dicari. Nah kalau ada 1 kali glek langsung dapat semuanya bagaimana? Praktiskan. Dapat banyak beberapa manfaat.  Ringkasnya  SoMan berisi

1.    Asam Lemak, asam lemak tak jenuh berfungsi
2.    Asam Amino
3.    Multivitamin (A, C, E, K) dan Kalsium
4.    PH 9+
5.    Omega 3,6 & 9
6.    EPA dan DHA

Cara kerja produk PT SoMan Indonesia ini menyehatkan sel. Dengan cara DIA; Detoksifikasi, Imunitas dan Antioksidan. Ketika saya  mencoba rutin mengkonsumsi, detok yang saya alami adalah mengantuk. Bawaannya tidur. Hampir sebulan saya menegak air 50 ml-100 ml berisi 5 tetes SoMan setiap pagi. Kalau ingat pas bangun tidur. Sebenarnya sebaiknya juga diminum siang sebelum makan dan sebelum tidur. Cuma saya sering lupa. Sekarang detoknya tidak ada lagi.

#bloggerdayxsoman
Bagaimana produk hasil dari inovasi PT Harvest Gorontalo Indonesia ini bekerja untuk imunitas. SoMan menutrisi sel imun. Sel bisa membunuh bakteri, virus, dan mikroorganisme lain yang merugikan tubuh. Juga membantu aktivitas makrofag (salah satu sel darah putih).

Bila sakit, produk yang bersifat semi nanopartikel, bekerja sebagai antioksidan. Ia mengikat radikal bebas dan mencegah amplifikasinya, dan memutus reaksi berantai dan mengubah sel menjadi stabil. Radikal bebas adalah molekul yang elektronnya jomblo sehingga menarik elektron disekitarnya agar stabil. Pekerjaannya memicu penyakit jantung, ginjal, penuaan dini, kanker dan penyakit degeneratif lainnya. Ada antioksidan tubuh terbebas dari segala macam penyakit.

Nenek saya penderita diabetes Miletus tahun 1996 meninggal. Kalau tidak salah sekitar 6 tahun beliau mengidap penyakit ini. Tiap hari makan kentang kukus. Obat beliau macam-macam dari kelalawar. Bajing. Sambiloto. Kumis kucing. Lamtoro, dan rajin berobat ke dokter. Akibat diabetes beliau mengalami katarak. Luka yang tidak sembuh. Saat beliau meninggal luka kering dan gula dalam darah sudah normal. Karena displin diet. Tidak sampai suntik insulin. Usia meninggal 72 tahun. Sayang waktu itu belum ada SoMan. Luka beliau kan bisa cepat kering. Karena dalam SoMan ada Asam Amino dalam hal iniL threonine berfungsi menyembuhkan luka juga Asam Amino Non Essensial yaitu L-Prolin bermanfaat untuk pembentukan jaringan dan untuk mengatur keseimbangan gula darah yang dilakukan oleh L-Alanine.

Banyak saya baca, diabetes itu dibawa oleh gen tentu saja sekarang bukan karena faktor keturunan. Akibat makanan, minuman dan pola hidup. Suami saya masuk UGD gegara pagi-pagi makan mie pedas  di kantin kantor. Di rumah jarang makan mie dan pedas. Pas cek. Ternyata gula darahnya juga tinggi, 225.  Memang kurang lebih dua minggu ini ia sering minuman jahe yang ada gula. Sebelumnya saya rajin membuat rebusan jahe tanpa gula. Saya sarankan ia minum SoMan sebelum tidur 5 tetes, pagi bangun tidur, dan menjelang makan siang. Sebaiknya 30-60 menit sebelum makan.

Pengalaman saat di Bogor, saya mengkonsumsi SoMan di sore hari. Keesokkannya pagi sebelum OR saya konsumsi lagi. Alhamdulillah meski capek, kehujanan, naik angkot, di rumah menunggu pekerjaan rumah. Alhamdulillah tidak sakit.

Anak saya yang kelas 3 SMU sedang ujian, juga konsumsi. Biasanya pada pagi hari ia sering bersin dan pilek.  Alhamdulillah berkurang.

Sedangkan anak saya yang ketiga, ia mengalami kesulitan membaca. Awal Januari kemaren ia operasi  tumor jinak di lapisan kulit luar kepala. Karena terletak di paretal, ia bingung arah (bagaimana ia bisa membaca kalau kata dan  ia baca nab. Membaca dari kanan sulit membedakan huruf b dan d) serta sensitif.

Kini ia mulai bisa merangkai huruf. Semangat untuk belajar dan fokus. Banyak faktor atas perkembangannya. Dorongan dari guru, usaha anak, motivasi dari keluarga dan terakhir saya  berikan SoMan. Kata dokter Grace ia juga memberikan SoMan untuk anaknya. Ya SoMan mengandung Omega 3 yang berfungsi membantu perkembangan otak. Juga ada EPA dan DHA berguna untuk meningkatkan sistem kerja otak.


Semoga ikhtiar untuk sehat jasmani dengan konsumsi SoMan,  makanan dan minuman yang baik untuk tubuh, membawa keluarga saya sehat mental, sejahtera sosial dan yang paling penting sehat secara spritual.  

Sumber tulisan 
Materi SoMan
twitter, IG, Facebook
Catatan pribadi
Wirakusumah, Emma S. 2007. Jus Buah dan Sayuran.Jakarta: Penebar Swadaya.

11 comments:

  1. Tulisannya panjang banget dan super lengkap, mba. Sukses lombanya dan te4ima kasih telah berbagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. SEnang sekali dikunjungi oleh orang yang saya kagumi. Trims Alida sudah bw ke blog saya. Ini niatnya terima kasih pada penyelenggara yang mau menyediakan waktu, dana, dan tenaga untuk empowering banyak blogger.

      Delete
  2. Aq juga konsumsi SoMan mbak. Rada enakan ke badan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah satu manfaat ngeblog mengenal produk yang bermanfaat. Mbak itu suka herbal. Obat kalau diresepkan dokter. kalau obat untuk pertolongan pertama sih ada.

      Delete
  3. Reviewnya bagus mba ^^, lengkap dan terperinci jadi nambah ilmu deh..
    Btw saya udah nggak tinggal di Ambon lagi hiks, suami pindah nih ke Bekasi hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman indahmu di Ambon sudah lekat di benak banyak orang. Tabik atas prakasanya mau memajukan pariwisata Indonesia.

      Delete
  4. Wow liputan yg lengkap sekali ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir Idfi pancani.

      Delete
  5. seru banget acaranya ini pasti. salam kenal mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru dan banyak manfaatnya. Salam kenal juga.

      Delete
  6. Excellent post! We are linking to this particularly great article on our
    website. Keep up the great writing.

    ReplyDelete