7/06/2015

ASURANSI ASTRA BERBAGI TIPS SEPUTAR PUASA DAN MUDIK

Kokas (kota Kasablanka) tujuan saya akhir pekan ini (4 Juli 2015). Ada acara  Garda Oto dan Garda Medika Holiday Freestival di Munchies Resto. Saya tanya sama bapak satpam Munchien. H h ditertawakan. Bu itu adanya di Jerman, jawab beliau senyam-senyum.

Dalam undangan tertera pukul 14.00. Saya datang terlambat 30 menit untung saja acara belum dimulai.  Agenda acara pengumuman  pemenang  Otocare blog competition. Selain itu ada sharing seputar puasa dan mudik. Pas banget merupakan isu hangat di bulan Ramadhan.

Sebelum acara dimulai ada Laras dan teman menghibur para blogger dan media. Sambil menunggu acara dimulai ada chek up gratis. Lumayan buat jaga-jaga. Upps gula darah normal, kolestrol dan  asam urat meroket, serta mengukur kalsium. 



Tidak berapa lama acara dimulai blogger diberi kesempatan merasakan memasang aplikasi otocare di gadgetnya. Rata-rata cepat dan langsung bisa digunakan. Aplikasi ini pas banget dijadikan teman mudik.
Mc Rudi sedang melihat aplikasi Otocare 


Sebelum mudik tentu saja badan harus fit. Itu diawali puasa yang baik. Garda Medika yang diwakili dr Doddy Permadi.MD berbagi tips sehat saat puasa dan bugar saat mudik.


Puasa berfungsi sebagai detoksifikasi. Tubuh manusia harus dibuang racunnya setiap tahun paling tidak 30-40 hari. Jika tidak dilakukan maka akan timbul gejala seperti maag, sinusitis, jerawat, keputihan, sering masuk angin, keringat bau dan lain-lain.

Supaya puasa bugar diawali dengan sahur sehat. Makan sahur pas dengan takaran perut tidak berlebihan jangan mentang-mentang mau puasa makan, melebihi yang biasa. Jangan pula tidak sahur. Minum sesuai kebutuhan, untuk penderita gagal ginjal tidak bisa banyak mengkonsumsi cairan yang banyak. Untuk orang yang sehat minum dari 2000 ml hingga 2500ml. Makan makanan berserat seperti sereal, nasi merah. Jangan lupa sayur dan buah. Olah raga ringan. Selain itu yang tidak kalah penting kebersihan mulut dan gigi.

Bagaimana persiapan mudik. Dokter mengatakan sebaiknya sebelum berangkat paling tidak tidur selam 6 jam. Makan sebelum berangkat. Obati dulu penyakit yang ringan seperti sakit kepala, demam, pilek. Jangan biarkan akan mengganggu. Berpakaian yang nyaman.


Dari segi persiapan fisik sudah, yang harus diperhatikan kemudian adalah bagaimana mudik dengan asik dan aman. Materi ini dibawakan oleh Kurniawan dari RDC (The Real Driving Centre).


Mengendarai kendaraan saat berpuasa mengandung resiko.  reaksi kita terhadap semakin lambat, persepsi spasial (kemampuan persepsi ruang) jadi jelek, secara psikologis tidak sabaran, berubah jam tidur membuat lelah dan mengantuk. Berkendaraan diluar kota berbeda dengan di Jakarta. Untuk kecepatan agar siaga kalau biasanya 65 km/jam kurangi 5 km/jam. Kalau berada di daerah macet, jarak antar mobil, bila tinggi pengendara 170 cm, kudu lihat ban belakang. Kalau 160 cm hingga 169 cm lihat bumpernya paling tidak. Keuntungannya kalau mobil depan mogok bisa cepat beralih. Kemudian agar tidak diserobot, ikut dua mobil di depan. Kalau mereka bergerak ikut bergerak juga.


Tips OKE kendaraan
Mengatasi Jalan Luar Kota

Turut hadir Ibu Briptu Endah dari Polsek Pancoran, beliau ikut berbagi tips mudik yaitu: siap, taat, patuh pada aturan. Untuk kendaraan roda dua pengendara wajib menggunakan helm, dan tidak membawa barang berlebih. Sebaiknya tidak menggunakan kendaraan roda dua untuk jarak jauh, karena tidak didesain untuk jarak seperti itu. Beliau berpesan agar pengemudi sabar dan kendaraan layak jalan. Untuk yang mudik lewat tol baru tol Cikapali harus hati-hati karena keadaan jalan licin dan masih banyak yang gelap.






Bicara tol yang dilalui jalur pemudik pada aplikasi Otocare yang baru diluncurkan 6 Juni yang lalu ada fitur posko mudik lho berikut petanya. Tentu GPSnya harus diaktifkan. Ada beberapa blogger yang testimoni selama pemakaian apps ini.  Ada yang terbantu dengan fitur SPBU.

Fitur yang lain ada info branch, Garda Center, Garda Oto Claim, ini ranah pak L Iwan Pranoto, Head of Communication & Event Asuransi Astra. Ia  menjelaskan prosedur klaim bisa lewat aplikasi atau datang langsung ke Garda Center. Buka center ini mengikuti jam mall buka (biasanya Garda Center ada di mall seperti yang ada di Kota Kasablangka). 



Simulasi Asuransi 
Dalam perjalanan mudik ataupun dalam kehidupan sehari-hari, pasti semua orang tidak ingin mengalami hal yang buruk pada kendaraan, Untuk mencegah resiko diperlukan asuransi. Pak Iwan menjelaskan berbagai macam asuransi. Dua jenis asuransi kendaraan. Total Loss Only dan Comprehensive. Ada juga rider ((tambahan) seperti AOG (Act of God); tsunami, banjir, badai. SRCC TS, tanggung jawab pihak ketiga. Resiko ini apabila ada kecelakaan, korban menuntut ganti rugi, maka pemilik polis dibayarkan asuransi Astra.

Ada asuransi mikro dengan membayar premi Rp 30.000 bila terjadi resiko akan mendapatkan santunan Rp 10.000.000

Acara yang ditunggu buka puasa dan  pengumuman Otocare blog competition.  Ada 10 kandidat yang masuk kategori. Hanya 3 pemenang yang mendapatkan hadiah utama.



Pemenang lomba blog 


Sebelumnya ada banyak doorprize dibagikan bagi yang hadir serta lomba live tweet.



Penyerahan door prize

Penyerahan door prize



Para kandidat juara juga mendapatkan hadiah


Terima kasih Asuransi Astra telah berbagi banyak tips dan hadiah.



Tulisan ini mendapat apresiasi







2 comments:

  1. tipsnya oke mak seputar asuransi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak, mereka banyak berbagi tips. Tips bugar puasa dan mudik.

      Delete