2/22/2014

Lock&Lock: Masak bersama chef Kong

Undangan jam 14.00 lokasi Carefour Lebak Bulus.  Tempat benar-benar saya baca mengingat pernah datang ke acara Sarapan sehat,  salah tempat, kurang lebih setahun yang lalu. Untung berdekatan.  Saya kira di Cetos ada carefour ternyata Carefour  Lebak Bulus.   
Bersama Mak Mira n Chef Kong
Tahun ini perjalanan lancar tidak sampai satu jam.  Masih ada waktu untuk foto-foto terlebih dahulu. Mak Mira paling duluan datang.  Chef Kong  juga sudah ada. Nama aslinya bukan Kong karena dari kecil sudah berbadan besar maka teman-temannya memanggil demikian.   Ia biasa muncul pada acara 8-11 Show Metro TV.




Lock&Lock classic




Di atas kompor, tampak sebuah wajan  putih dan satu lagi abu-abu. Merk apa ya? Setahu saya Lock&Lock  produknya plastik. Saya pernah dapat 4 toples besar hadiah susu,  juga dapat satu kantong isinya macam-macam ketika menjadi nasabah baru salah satu bank.
Ketika Mak Blogger sudah terkumpul acara dimulai. Wajan yang menjadi tanda tanya di kepala saya terjawab dari mulut chef Kong. Wajan itu adalah Ecook, memang dari Lock&Lock. Keluaran terbaru. Wajan Putih  terbuat dari keramik sedangkan yang abu-abu
 dari deco. Untuk yang keramik panasnya lebih lambat tetapi tahan lama, walau apinya dimatikan masih saja panas, oleh karena itu hati-hati apabila tersenggol, keuntungannya lebih hemat energi, sedangkan yang deco cepat panas.
Mengawali demo masak, Chef Kong, memberi sprit untuk ibu-ibu. Memasak itu bukan sesuatu yang menakutkan bukan sesuatu yang membuat make up luntur. Yup banyak sekali perempuan sekarang yang tidak mau  menyentuh dapur karena sibuk atau takut jelek. Waduh.
Padahal menurut Chef memasak sendiri itu lebih sehat. Karena bahan yang diolah dan cara mengolahnya  kita tahu.

Penganan Untuk Anak-anak



Resep pertama adalah kue untuk anak-anak. Namanya tidak sempat tercatat. Bahannya adalah sebagai berikut:
1.       Terigu
2.       Susu
3.       Vanili bubuk
4.       Corn flake
5.       Jagung segar
6.       Choco cip
7.       Keju

Cara membuatnya  cukup sederhana  terigu, vanili,  diaduk dengan susu kemudian diberi topping bahan dari 4 hingga 7 (toppingnya bisa diganti dengan strawberri), masukkan ke Lock&Lock Glass dan selanjutnya dalam Microwave. Lock &Lock jenis ini terbuat dari bahan glass borosillica tahan terhadap suhu 400C. Panas yang ekstrim. Ngintip di facebooknya Lock&Lock  keistimewaan yang lain adalah tidak pecah dengan sendirinya karena perubuhan suhu, diswasher, berat lebih ringan dibanding tempered glass, suhu permukaannya lebih rendah setelah dikeluarkan dari microwave atau oven, dan tetap bening permukaannya meskipun disimpan dalam waktu yang lama.

Paceng

Sebelum mulai masakan yang lain Chef Kong mengajak pembawa acara membagi hadiah. Chef bertanya masakan dari Palembang. Banyak-banyakan menyebutkan maka akan menerima hadiah.
“Sop Ikan, Mpek-mpek, Sarikaya, Krupuk Palembang, Tekwan, Mie telor.”
Ada lagi satu masakan yang belum begitu populer disebutkan Chef yaitu Paceng. Makanan sejenis pancake. Bahannya:
1.       Santan
2.       Tepung
3.       Putih telur
4.       Garam
5.       Gula
6.       Parutan keju
7.       Moka




Memasaknya sangat mudah dan cepat, menggunakan wajan Ecook  keramik tanpa minyak.  Bahan yang sudah dicampur dimasukkan ke dalam wajan. Seperti dadar, tipis-tipis saja. Beri keju dan Moka Setelah matang digulung. Angkat.  Wujudnya tidak seperti pancake tetapi dadar gulung. Di Palembang makanan ini isinya berupa tempoyak.


Wajan ini bisa juga dipergunakan untuk membuat karamel tanpa membuat gosong karamel tersebut. Untuk membuat ayam kalasan lebih mudah. Bolak-balik dibuat untuk menumis sayuran kemudian untuk menggoreng tidak akan membuat lengket penggorengan. Ecook keramik bisa juga untuk memasak rendang yang membutuhkan waktu masak yang lama.

Dalam keadaan panas disiram air tidak membuat lapisan penggorengannya menjadi retak. Bila tidak ada airpun bisa dibersihkan hanya dengan dilap.  Tergores tidak membuat terkelupas. Ecook harganya terjangkau kualitas bersaing.


Ayam Cabe Ijo
Ketika bumbu ditumis keluar api. Mak berani tidak melakukan ini?


Tidak ada jepitan dua sendokpun jadi

Mak Dwina berhasil mencoba teknik jepit sendok


Masakan ketiga adalah ayam cabe ‘ijo’. Tips dari chef agar  cabe hijau tidak langu di blender dengan daun jeruk,  satu batang sereh. Tambahkan bawang merah dan bawang putih. Selain ayam fillet bahan yan lain adalah jagung dan jamur  ceroki (?), agak ragu dengan nama jamur ini. Saya browsing menemukan jamur enoki (garuk-garuk kepala benar gak ya apakah jamur shitake yang dipergunakan). Harusnya sebelum pulang cek recek resep. Kalau dilihat dari penampakan jamur enoki.

Ayam cabe ijo

Untuk ayam  direndam terlebih dahulu selama tiga jam. Campur dengan garam dan merica.

Bumbu yang dibender mulai dimasukkan ke dalam wajan deco.  Udara sekitar demo masak dipenuhi aroma cabe, menggelitik hidung. Sampai ada yang bersin. Angkat.
Kemudian ayam digoreng dengan menggunakan Ecook keramik. Tanpa minyak. Lama kelamaan minyaknya muncul karena ayam negeri mengandung banyak minyak, lemak jenuh yang bisa dibuang. Kata Chef sehat adalah kebutuhan. Dengan mengolah yang benar, bahan yang tepat dan sarana yang menunjang maka masakan sehat tidak mustahil.

Sesi terakhir adalah foto bersama, ada Mak Chica, ia yang mengundang Emak blogger untuk hadir dalam acara ini.
Mak Desi berhasil mendapatkan grand prize

Dapat goodie bag dan botol minum Lock&Lock 












9 comments:

  1. Replies
    1. Salam kenal Mak. Aku baru berkunjung ke blogmu.
      Kemaren Mak-mak juga kompak jawab pertanyaan dari chef, semua dapat hadiah.

      Delete
  2. haaiii mak akhirnya bisa ketemuan yaa

    ReplyDelete
  3. Mak, kalo masak terus berkobar api di wajan itu dikasih apa sih? Kaliatan seru kayak semacam sirkus gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemaren sih tidak diberitahu. Pengalaman aku dirumah kalau minyak kepanasan api masuk kedalam wajan.

      Delete
  4. wah tahu gitu pengen ikutan carrefour lebak bulus dekat rumahku ;). kapan ya kita ketemuan lagi mak tri sapta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rumahnya sudah pindah apartemen? Tidak dibogor lagi?

      Delete