5/14/2013

SRIKANDI BLOGGER AKTUALISASI PEREMPUAN DI ERA DIGITAL




Srikandi lambang seorang perempuan yang kuat dan gagah berani. Versi pewayangan Jawa Srikandi menjadi suri tauladan prajurit wanita. Senjatanya adalah panah. What? hubungannya dengan wanita Indonesia sekarang? Linknya adalah semangat Srikandi bagi emak blogger. Senjatanya adalah menulis.

Teknologi yang semakin maju sangat menolong para emak untuk mengaktualisasikan diri. Walau tak keluar rumah  bisa berdaya dan bagi wanita karirpun bisa menyalurkan kesenangan tanpa mengganggu pekerjaan. Menulis pada blog dapat mengispirasi bagi perempuan lain dari urusan dapur, kamar,  sumur. 

Ketika Kumpulan Emak Blogger menyelenggarakan Srikandi Blogger banyak para emak yang ikut. Puncaknya pada tanggal 28 April 2013. Para undangan registrasi, mendapatkan tanda pengenal dan snack. Di belakang panggung tampak sibuk para emak yang akan tampil di tata ulang wajahnya. Hi hi. Maksudnya make over. Banyak yang berfoto before dan after, para kru dari Wardah berhasil membuat tambah  kinclong para emak. Menurut saya yang paling berhasil disulap adalah mak Sumarti, mak tomboi diubah menjadi puteri.
Tarian dodogeran membuat para tamu menghentikan obrolannya dengan orang disebelahnya. Enam orang penari cilik menari dengan lincahnya. Pinggul dan tangan  bergerak. Terlihat jenaka dan gerak yang dinamis.. Sepintas terlihat seperti tari betawi dan sunda. Tarian ini berasal dari Bekasi hasil karya Teh Een.

Penari turun panggung disambut dengan suara Mak Wylvera, ketua panitia Srikandi Blogger 2013, ruang aula Kemendiknas gedung F lantai 6 mendadak hening. Mak yang piawai menulis dan menyanyi ini menyedot perhatian penonton. Ia monolog, bercerita seorang ibu muda yang survivor kanker,  tadinya hopeless setelah bergabung dengan mak blogger perlahan mulai bangkit. Aktif menulis pada blog membuat ia bersemangat. 

 

Banyak yang mengakui setelah menjadi member KEB hidup menjadi lebih bermakna. Dulu, saya pribadi melihat dunia, datar dan berwarna suram. Setelah join dengan Kumpulan Emak Blogger,  saya banyak belajar, baik online maupun offline. Dunia tak sesempit pandangan mata saya. Marcapada ini membutuhkan banyak perempuan untuk berjuang. Seperti Kartini, Dewi Sartika, Rohana Kudus dan lainnya, dengan keterbatasan dapat membuka jalan bagi perempuan lain. Jadi ingat mama saya yang berada di Kalimantan Selatan, usia beliau 68 tahun tak berhenti belajar, sudah tiga tahun ini beliau belajar komputer. 

Ketika gladi resik, saya ditawari Mak Pon untuk membaca doa. Ya ampun sudah lama tidak berdiri dihadapan orang banyak. Berkat suntikan semangat pede, semua mak, rasanya seperti cinderella, biasa menjadi upik abu. Hik sudah sejak setahun ini saya belajar mensyukuri pemberian Allah untuk menggunakan waktu yang tersisa dengan baik. 


Acara berlanjut dengan sambutan ketua KEB, Mira Sahid. Pemukulan gong, pertanda acara resmi dibuka, tumpengan dan perkenalan para mak min. Perhelatan KEB yang dipandu oleh Aulia Gurdi dan Ari bergulir pada ice breaking. Tamu lebur dalam game dan limpahan hadiah. 
Suguhan berikutnya adalah drama cerita dibalik noda, sponsor dari Rinso, menampilkan Ani Bertha, Sammy, dan Keyla. Pertunjukkan diawali Keyla yang bermain kotor. Ini main kotor benaran bukan istilah. Arti bermain bagi anak-anak adalah belajar. Walau baju mereka bernoda tak perlu khawatir karena ada rinso yang menolong. Mak bersahabat dengan Rinso

Di luar gedung matahari lewat di atas kepala, Aulia mempersilahkan semua yang hadir untuk ishoma, sekitar 40 menit acara kembali diteruskan. Denting gitar dari petikan jari remaja dan suara jernih Yasmin Amira, menggugah penonton spontan ikut bernyanyi. Mak Dina Degum sampai berdiri. Appreciate untuk performance putri Mak Wylvera.. Amira layak jadi bintang.

Lagu kompul bocah mengiringi pagelaran fashion anak-anak Mak blogger. Srikandi imut dan lucu. Kebayang suatu  hari nanti mereka melebihi prestasi mak blogger sekarang. Tak mau kalah dengan putri dan putra, mak memperagakan  fashion butik Azza.. Ck ck Mak-mak cantik. Bakat tersembunyi rupanya berlenggok anggun dihadapan tamu mayoritas perempuan. 

Tibalah pada acara puncak parade 10 finalis. Pengumumannya bertepatan pada tanggal 21 April 2013. Total yang ikut 150 peserta, kemudian disaring kembali menjadi 50, mengkerucut menjadi 10.
Suara emas Mak Fiki Maulani melantunkan lagu bunda mengiringi para emak yang sudah dipoles Wardah menjemput para finalis.

1. Alaika Abdullah
2. Anazkia
3. Dina Begum
4. Diadjeng Laraswati
5. Eka Mayya
6. Nchie Hanie
7. Myra Anastasia
8. Octaviani Nur Hasanah
9. Shinta Ries
10. Winda Krisnadefa 

Nama yang tidak asing bagi emak-emak blogger. Sepak terjang mereka, banyak mengispirasi kaum ibu. Mak Juli, mengumumkan acer Srikandi Blogger http://emak2blogger.web.id/2013/04/29/para-pemenang-penganugerahan-srikandi-blogger-2013/

Srikandi Blogger Live Time Achievement adalah bunda Yati. Setiap bertemu dengan beliau rasanya saya dan mak yang lain  diperlakukan istimewa. Pertama kali ketika ikut acara Indonesia Berkibar, beliau sibuk booking bangku untuk mak yang lain.  Ketika acara kompasianival, beliau menemani saya mengelilingi booth untuk minta tanda tangan. 

Ketika mengumumkan Srikandi Blogger Inspiratif, Mak Tante Puh berujar Ia tak layak mengikuti ajang acer Srikandi Blogger karena sumbangsihnya   melebihi finalis yang lain. Dia adalah... Mak Hayya. Tampak matanya mengeluarkan berlian. Hik. Haru memeras jiwa.

Kemudian  Srikandi Blogger favorit, Anazkia, Mak yang satu ini mendapat pujian mak yang ringan tangan menolong sesama. Dengan program berbagi buku (BSHB) ia menularkan semangat berbagi dengan mak yang lain, menggondol (wk wk bahasanya) 1 unit Acer Aspire E1-471. paket rinso (2 dus) & wardah

Hampir mirip namanya dengan Anazkia,  Myra Anastasia memenangkan Srikandi persahabatan. Walau baru say hello di blog dan FB, Mak ramah ini, menyapa namaku.  Worthy memang ia menyandang gelar tersebut. Ia memperoleh 1 unit Acer Aspire E1-471. paket rinso (2 dus) & wardah

Terakhir Bapak Haris berkeliling memilih Acer Srikandi Blogger, jatuh pada Mak Alaika Abdullah, beliau dinilai dari tulisan dan kegiatan sangat pantas mendapatkan anugrah. Mendapatkan 1 unit Acer Aspire V5-471PG (touchscreen notebook), paket Rinso (2 dus) & Paket Wardah, serta mewakili KEB di Asean Blogger di Solo.

Selamat mak min KEB, telah sukses menyelenggarakan acara Srikandi Blogger. Semoga tahun depan akan ada lagi. Memunculkan dan menyemangati  mak-mak untuk berkiprah dan bertindak nyata pada era digital. Sukses pula untuk para sponsor, dukungan mereka kepada mak-mak besar artinya. Menghilangkan stigma perempuan hanya berbau ompol, tak punya keahlian dan ketrampilan apa-apa. 

Sumber Tulisan:


 http://emak2blogger.web.id/2013/04/29/para-pemenang-penganugerahan-srikandi-blogger-2013/
 http://berandalinda.blogspot.com/2012/05/bekasi-punya-tari.html

4 comments: