12/23/2012

Nova Inspiring Day

Bertempat di Gedung Jala Puspita Jl Gatot Soebroto kav.101 Jakarta Pusat,  Tabloid Nova mengundang para Super Mom untuk acara:


  • Tarian Kontemporer
  • Talkshow Psikologi : Dra. Rieny Hassan
  • Demo masak : Sisca Soetomo dan Yeni Ismayani
  • Fashion Show
  • Band





Tabloid yang akan berumur 25 tahun tahun 2013, menggandeng Tupperware dan didukung oleh Honda, Harpic, dan Bimoli. Bagi peserta yang hadir sebelum jam 09.00 bisa test Ride Honda Scoopy. Sayangnya aku hadir telat tak bisa ikut nyoba. Juga tak bisa mampir di booth Tupperware, Harpic, Bimoli dan majalah/tabloid dari  Gramedia group. Plus tak bisa lihat tarian.

Selama acara ada twitpic dengan #NovaInspiringDay dan mention ke @tabloid Nova. Aku sih bukan  Tweeple/tweeps sejati tetapi kalau ada lomba pada acara seperti ini, tidak salah ikutan (mencari padanan apa salahnya). Sembari mencatat poin penting dan memasang dokumentasi. Sekali ngetwit dua tiga kegiatan terlampaui. 


Talkshow Psikologi


Judul minor headingnya rada aneh ya? Ini gara-gara tak sejak awal memperhatikan bu Rieny Hasan berbicara. Jadi tema talkshow beliau tak aku tangkap.  Sedikit yang aku tangkap dari sharing beliau.  Subyeknya adalah anak dan mom. Sering orang tua melarang atau sebalik membiarkan anak berinteraksi dengan ganget plus  internet.  Menurut Psikolog yang menemani Tabloid Nova berpuluh tahun, teknologi bukan harus dimusuhi tetapi harus dimanfaatkan dengan optimal. Misalnya ketika anak bermain game digunakan sebagai sarana menambah kosa kata dalam bahasa Inggris, namun  anak tak  boleh dibiarkan begitu saja,  sepanjang waktu luangnya mengulik sarana itu. Ajak mereka untuk menyentuh alam.



Lebih lanjut beliau mengajak para Mom menjadikan rumah sebagai sarana pembelajaran pertama, misalnya tentang attitude atau akhlak. Bagaimana anak bisa hormat pada orang lain apabila orang tua sendiri berteriak menyuruh anaknya (jadi mawas diri nih bu) atau  tidak menegur anak tatkala ia melakukan hal itu pada khodimat (asisten rumah) atau ketika masuk kamar anak seorang ibu semestinya mengetuk terlebih dahulu.

Pada sesi tanya jawab seorang peserta menanyakan solusi atas permasalahannya.  Suami  berasal dari Sumatra kalau sedang membimbing anak sering bersuara keras. Ibu berhati lembut merasa tak nyaman dengan perilaku suaminya karena anak meniru gaya sang bapak. Jawab bu Rieny, bedakan suara keras dan galak. Sayang jawaban selanjutnya aku sedang tak konsen. 

Untuk resolusi tahun 2013, psikolog awet muda ini berpesan selalu optimis, terbuka pada hal yang baru, tidak tinggi hati. Tahun yang  sebentar lagi datang tak menutup kemungkinan masalah lebih kompleks akan menerpa hadapi dengan daya juang tinggi. 


Demo masak : Sisca Soetomo dan Yeni Ismayani




Ibu Sisca mengawali demo masak. Sembari mulai memasukan ayam ke dalam wajan  beliau mengenalkan produk baru dari Tupperware Micro Cooker.  Kalau mau coba ini resepnya

Resep Nasi Ayam Rempah

Bahan:
1 dada ayam, potong 20 bagian
8 lembar daun jeruk, 2 batang serai, memarkan
10 cm kayu manis, 5 biji cengkeh
500 ml air, 300 gram beras putih, cuci bersih

Bumbu yang dihaluskan:
10 butir bawang merah, 7 siung bawang putih
10 cm kunyit, 1 sdt ketumbar, 1 sdt jintan
1 sdt garam, 1 sdt merica bubuk

Taburan:
bawang goreng, irisan mentimun dan kerupuk

Cara membuat:

  1. Siapkan TChef work pan atau wajan, panaskan minyak goreng tumis bumbu halus bersama daun jeruk, serai, kayu manis dan cengkih hingga harum, masukkan ayam, masak hingga berubah warna, tambahkan 100 ml air (ambil dari 500 ml air), masak hingga air menyusut, angkat.
  2. Siapkan Tupperware Micro Cooker, isi dengan beras, tumisan ayam dan air (400 ml) aduk rata, tutup.
  3. Masukkan ke dalam microwave, gunakan tombol panas, masak selama 15 menit, setelah matang, diamkan selama 15 menit, buka, aduk rata.
  4. Sajikan hangat  taburi bawang goreng, irisan mentimun dan kerupuk.

Untuk: 4 orang

Selanjut Chef Yeni Ismayani mengusung PASTEL TERATAI DAGING LADA HITAM




Bahan:
300 gr tepung terigu
100 gr mentega
1 butir telur
150 ml air
Garam dan merica bubuk secukupnya

Isi:
1 buah bawang bombay cincang
2 siung bawang putih cincang
200 gr daging giling, 1 buah wortel, potong dadu
50 gr kacang polong, 100 ml air
3 sdm saus tiram, 1 sdt merica hitam, tumbuk kasar 
1 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air
Garam dan gula pasir secukupnya

Cara membuat:

  1. Bahan kulit: campur tepung terigu, merica, garam dan telur, aduk hingga rata. Tambahkan margarin dan air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan rata dan kalis.
  2. Giling adonan setebal 1/2 cm, lalu cetak dengan cetakkan pastel teratai. Tumpuk dua adonan teratai, rekatkan dengan putih telur.
  3. Panaskan minyak goreng, kemudian goreng kulit hingga kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
  4. Isi: masukan ke dalam Micro Cooker Tuperware, bawang bombay, bawang putih, daging giling, wortel, kacang polong, air, saus tiram, merica hitam, garam dan gula pasir.
  5. Tambahkan larutan maizena, tutup micro cooker lalu masukkan kedalam microwave, masak selama 10 menit atau hingga matang, angkat
  6. Isi kulit teratai dengan isi. sajikan
Masalahnya belum punya alat tersebut. Tenang cari alternatif  lain menggunakan open biasa  dan rantang tahan panas atau ditumis barangkali (kenapa tidak aku tanyakan ya kemaren) lalu berdoa diberikan rejeki memiliki dua benda itu. Ini mah resep malaikat lewat. Bila kau punya keinginan baik, bilang saja pada Allah. Kalau tak dikabulkan di dunia di akherat barangkali dikabulkan. Asal jadi anak sholeh (hmm syarat gampang-gampang mudah (eit salah).

Satu hal menyenangkan diakhir acara, pengumuman lomba twitpic. Aku dan Fitri mendapatkan tiket nonton film  5 cm, masing-masing mendapatkan 2 tiket. Terimakasih @Tabloid Nova. 


Narsis bersama Muslimah Backpacker

Senang dari tulisan sederhana ini dapat membantu seseorang untuk menyusun skripsinya.














4 comments:

  1. menjadi insan yang sabar itu susah....padahal yang namanya hidup itu tak selurus seperti apa yang kita rencanakan.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih @Tyas telah berkunjung. Sabar itu memang harus dilatih. Tidak sulit bagi orang yang mau berlatih namun tak seketika dapat menggenggamnya. Sabar tidak hanya nrimo saja. Sabar itu bertenaga bahkan memberi kekuatan untuk berpijak dan melangkah. Kadang bagi orang tertentu sabar adalah pilihan. Allah berjanji Ia akan bersama orang yang sabar.
      Hidup memang harus direncanakan dan orang hidup harus bercita-cita, kalau meleset dengan target dan harus menjalani perjalanan yang berkelok-kelok tak apa, yang penting harus mengusahakan untuk optimal.

      Delete
  2. Salam Kenal Ibu, Saya Salah satu mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyelesaikan skripsi, saya ingin menjadikan blog ibu tentang acara Nova Inspiring Day ini sebagai salah satu data pendukung saya di lampiran skripsi saya mengenai Event Nova Inspiring Day. apakah saya di bolehkan untuk mencantumkan nama dan isi blog ibu yang telah di publikasikan ini? saya tunggu jawaban dari ibu. terima kasih.

    ReplyDelete