11/27/2012

KOMPASIANIVAL: HERO INSIDE YOU


Inti sebuah karnaval adalah pesta. Kompasiana suatu wadah ribuan penulis mengadakan hajatan tanggal 17 November 2012 di Skenoo Exhibition Hall Gandaria City. Mengintip web penyelenggara (http://blog.kompasiana.com/2012/11/16/inilah-rangkaian-acara-kompasianival-besok-503714.html), ada berbagai komunitas blogger yang terangkut.

Kegiatan di stan

  • Milis Popok Kain (MPK). Mengusung gerakan penggunaan popok kain untuk para bayi, komunitas ini hadir di Kompasianival. Di stan MPK, Anda bisa melihat berbagai produk popok kain karya anak negeri. Di stan MPK pula akan dilakukan demonstrasi pemakaian popok kain dengan menggunakan boneka sebagai modelnya.
  • Coin A Chance, tentu sudah tidak asing lagi. Komunitas yang bergerak di bidang sosial ini akan mengadakan penggalangan dana di stan mereka. Tidak hanya itu, uang yang terkumpul selama acara Kompasianival, akan dihitung bersamaan dengan stoples-stoples Coin A Chance lainnya yang berada di berbagai titik pengumpul di Jakarta
  • Ayah ASI. Tidak kalah serunya, di stand komunitas Ayah ASI juga akan mengadakan talkshow Ayah ASI (Cerita tentang AyahASI dan kegiatannya). Selain itum juga ada pertandingan X-BOX dengan Kinect, jualan Buku #CatatanAyahASI, foto backdrop #AyahASIonWeekend, dan pendaftaran volunteer.
  • Desa Rangkat akan menghadirkan Pos Ronda Rangkat di Kompasianival 2012. Itu merupakan simbolisasi desa aman dan asri, di mana pos ronda jadi tempat berkumpul yang nyaman bagi seluruh penduduknya. Rencananya, sahabat dari Desa Rangkat juga menghadirkan sepotong fragmen singkat.
  • Kompasianer Hobi Jepret (Kampret) akan mengadakan klinik fotografi. Mereka akan membagi tips dan trik di klinik foto studio. Booth Kampret juga akan dihiasi karya-karya foto terbaik hasil dari kegiatan Weekly Photo Challenge di Kompasiana dan halaman group FB.
  • Komunitas Canting. Komunitas ini dibentuk oleh sekumpulan anak muda Kota Gudeg yang selalu memimpikan petualangan seru. Pertemuan dengan berbagai kisah kehidupan di perjalanan berhasil mengetuk rasa. Rasa rela berbagi sejak pelosok desa Prambanan, Gunung Kidul, hingga pulau terpencil di seberang Lampung akan melakukan pengumpulan dana untuk aktivitas sosial mereka di Jogja
  • Seperti namanya, Komunitas Fiksiana adalah ajang silaturahmi terbuka bagi semua Kompasianer yang gemar menulis dan menikmati postingan di Kanal Fiksiana. Di sini para anggota komunitas bisa mencari inspirasi dan bertukar ide untuk selanjutnya dituangkan di Fiksiana. Atau, bisa juga sekedar berbagi karya, beruluk salam, ataupun bertukar canda.
  • Planet Kenthir (PK) adalah segerombolan orang kenthir yang mencoba menulis agar lebih kenthir di tengah dunia yang makin kenthir. Tak peduli Anda guru atau tukang batu, dokter atau kapster, satu hal yang pasti, Anda harus cukup kenthir untuk menggali segudang pesan sosial di balik gundukan pilihan kata-kata kontroversial di berbagai postingan mereka.
  • Blogger Hibah Sejuta Buku (BHSB). Mengusung tema “BHSB, Goes to Offline”, BHSB saat ini lebih fokus pada kegiatan mengumpulkan buku-buku hasil donasi dan menyalurkannya ke pelosok wilayah Indonesia.
  • Koplak Yo Band akan mengadakan  live streaming kegiatan Kompasianival 2012 yang bisa dinikmati di www.kompasiana.com/koplakyoband. Mereka juga akan bagi-bagi hadiah untuk pengunjung stan.
  • Komunitas WPAP akan menggelar pameran foto
  • Komunitas Green Web akan menghadirkan simulasi penanaman pohon untuk para pengunjung
  • Komunitas Kopi Keliling akan menggelar pameran foto dan demonstrasi “Coffee Art”.
  • Komunitas Akademi Samali akan memperkenalkan komunitas mereka sebagai kumpulan pembuat komik.
  • Komunitas Plot Point akan menghadirkan buku-buku anak muda yang diterbitkan oleh Plot Point.
  • Akademi Berbagi akan menggelar kopi darat para anggotanya.
  • Komunitas Card To Post akan mempromosikan Kartu Pos untuk Presiden dan mempromosikan komunitasnya lewat flyer.
  • Komunitas Emak Blogger akan memperkenalkan komunitasnya dan mengajak pengunjung dari kalangan ibu-ibu untuk berbagi kepada kaum ibu seputar pengalaman hidup dalam segala hal, mulai dari hubungan suami-istri, parenting, persahabatan, sampai urusan dapur.
  • Komunitas Blood For Life akan memperkenalkan komunitasnya di stan dan menggelar kopi darat.
  • Komunitas Ableton Indo akan menampilkan Video Jokey di stan dan panggung utama.
  • Komunitas Green Web akan mengajak pengunjung menikmati simulasi menanam.
  • Stan Augmented Reality akan menghadirkan permainan interaktif dengan teknologi AR.
  • Ramalan Tarot
  • Komunitas Depok Digital akan memperkenalkan komunitasnya ke para pengunjung.
Selain komunitas di atas, masih banyak komunitas seru lainnya: Jakarta Cosplay, Plotpoint, World Vision, Akademi Samali, Save Street Child, Komutoku.

      Sayangnya sebelum berangkat tidak lihat-lihat web ini, jadilah gagap. Sebaiknya memang sebelum hadir acara-acara seperti ini baca-baca dulu. Jadi Ke TKP tidak dengan otak kosong. Seperti biasa aku mempersiapkan jalan mana saja yang akan kulalui. Karena tidak mengenal medan aku khawatir kesasar. Biasanya aku menandai belokan dengan tempat makan atau apa saja yang tercantum. Walau begitu sering dialam nyata tak sesuai dengan bayangan. Banyak bertanya tak sesat dijalan. Menyenangkan kali ini aku menemukan jalan baru ke daerah ini. Kalau mau gampangnya dari tempatku lewat jalan Pondok Indah. Melihat hari libur sepanjang jalan dekat mall penuh aku mengambil jalan lewat Fatmawati, Jl panglima Polim belok jalan Gandaria kemudian jalan KH M Shafii.

      Menapaki aroma Kompasianival, harus daftar ulang atau kalau belum daftar dadakan boleh. Katanya kalau beruntung dapat motor, syaratnya harus berjalan 8 (atau 10 ya lupa, ih bolot) stan dan minta cap tiga jari, h h ya tanda tanganlah atau stempel.

Bunda Yati

           
Sasaran pertama adalah komunitas Save Street Child, melting polt orang-orang yang peduli anak jalanan. Awalnya digawangi oleh Shei Latiefah. Para penggiat masih muda-muda mereka ingin melakukan tindakan konkrit untuk anak jalanan seperti relawan, rumah singgah dan akses pelatihan untuk pengorganisiran anak jalanan. Pahlawan anak-anak jalanan.


Berikutnya Kumpulan Emak blogger. Namanya juga emak-emak tak lepas dari anak-anak. Pas banget dengan tema Kompasianival HERO INSIDE  YOU, Emak adalah pahlawan bagi keluarga terutama anak. Kopdaran juga bawa anak. Kelekatan Emak dan anak bermanfaat bagi perkembangan jiwa anak. Bertemu dengan Bunda Yati Rachmat di booth KEB, dengan senang hati beliau menemani keliling.  Pahlawan keluarga. Selain itu KEB diharapkan sebagai wadah emak-emak berbagi. 

Salah satu acara Kompasianival adalah lomba mengenakan kostum pahlawan. Mak Oli dan Mak Icha berpakaian pahlawan Dewi Sartika dan Cut Nyak Dien.

KEB: Mak Mira, Elisa, Oli, bunda Yati, Indah Julie, Waya, Irma, Ani Bertha, Ia Algina (benar gak ya)

Selangkah dari KEB ada Blogger Hibah sejuta buku, gerakan sukarela yang dilakukan secara nyata oleh penggiat dunia maya. Banyak yang sudah mereka lakukan. Keberhasilan mereka tak lepas dari para volunteer dan donatur. Diantara donatur tersebut nama Melanie Subono telah menyumbangkan 900 pcs. Mereka penggiat BHSB, salah satu pahlawan buku.
Menyeberang stan ada Coin a Chance. Koin-koin dalam keranjang menandakan partisipasi para  coiners dan coin droppers. Tak punya uang koin uang kertas pun boleh kok. Ingin ikutan dengan mereka silahkan lihat di http://coinachance.com/.   Pahlawan sosial. Rada aneh penyebutan istilah pahlawannya. Semua pahlawan rata-rata punya rasa sosial yang tinggi, namun pahlawan yang satu ini memang mengajak orang untuk memberikan pertolongan bagi orang lain dari hal terkecil. Koin.


Nah ini baru berita yuk sumbang nama baru untuk Depok diprakasai oleh komunitas Depok Digital. Pahlawan apa yang paling tepat untuk blogger ini? Benar tidak kalau pahlawan informasi daerah/kota.

Stan  Greenweb atau komunitas hijau. Membayangkan peta Indonesia banyak warna hijau dilihat dari satelit? Ayo lakukan dari hal kecil begitu kira-kira seruan penggerak pencinta lingkungan ini. Tentu saja makna hijau bukan gerakan menanam pohon saja tetapi juga aksi peduli sampah, binatang dan lain-lain. Kegiatan pahlawan lingkungan ini dapat dilihat http://www.green.web.id/. Selain itu ada juga yang sayang lingkungan para penggiat cinta popok kain.

Berdekatan dengan Komunitas cinta popok kain ada IDCC ( Indonesia Disabled Care Community) tujuan utama terbentuk komunitas ini antara lain menyuarakan kebutuhan aksesibilitas penyandang disabilitas di tempat umum.


Hero dalam benak anak-anak adalah Superman, Batman, semua berasal dari komik. Nah di Indonesia ada komikus yang berwadah di  Akademi Samali. Mau bergabung meluncur saja di http://www.akademisamali.org. Siapa tahu bisa komik hero Indonesia misalnya Srikandiwoman ( hi hi memang ada ya Srikandiman). Pahlawan komik. Kalau mau berfoto ria dengan pahlawan anime ada cosplayer. Apa ya Cosplay? Ini bocoran dari Wikipedia Cosplay berarti hobi mengenakan pakaian beserta aksesori dan rias wajah seperti yang dikenakan tokoh –tokoh, dalam animemangamanhwa, dongeng  permainan video, penyanyi dan musisi idola, dan film kartun. Ada juga Komutoku (lidah Banjarku  blibet karena vocal o dan u yang berurutan, walau lama diperantauan tetap saja sulit) Komunitas tokusatsu.


       Selain itu aku sempat mampir di ICTwacth, Internet Sehat. Para blogger sudah banyak tahu tentang hal ini. Kata-kata yang aku culik dari webnya tentang internet sehat mengedepankan kebebasan berekspresi di Internet secara aman (safely) dan bijak (wisely), dengan pendekatan: 1.) self-censorship hanya di level keluarga dan sekolah, 2.) peningkatan konten lokal yang positif, bermanfaat dan menarik, dan 3.)  pemberdayaan masyarakat madani (civil society) tentang teknologi informasi dan komunikasi“. Ada  Mak Vema dan Sumarti Saelan dari KEB, volunteer di Internet Sehat. Pahlawan Web atau Internet ya atau cyber? Kurasa penting banget kampanye perihal internet sehat, agar dunia maya digunakan dengan bijak terutama oleh para pelajar.

        Acara yang sempat kuhadiri adalah talk show, Jusuf Kalla (ketua PMI) sebagai pembicara dan Jodhi Yudhono (editor kanal Oase di Kompas.com) pembawa acara. Pak Jusuf Kalla menghibau para blogger untuk mendonorkan darah. Pahlawan Kemanusiaan. Seumur-umur aku belum pernah menyumbangkan darahku. Kapan KEB rame-rame ke PMI? 



Kompasiana dan Kompas TV
       Kegiatanku hanya jalan-jalan dari satu stan ke stannya sepertinya sepele, hanya mengumpulkan tanda mampir dan  memotret. Kegiatan tanpa arti. Namun setelah pulang ke rumah, belajar menulis tentang acara ini,  aku menemukan  banyak  orang Indonesia  peduli dengan orang sekitar. Mereka pahlawan bagi orang-orang yang tertolong dengan kegiatan mereka. Hayoo diri anda sudahkah menjadi bagian dari mereka? Atau kalau memang tak sempat paling tidak support. Aku yakin selain yang kutemui dalam acara Kompasianival ini juga banyak pahlawan di segala bidang yang berusaha Indonesia lebih baik lagi. 


Salah Satu Sponsor






4 comments:

  1. Mba, usai Kompasianival 2012, membaca macam-macam tulisan tentang kompasinival, saya baru merasakan, banyak yang saya belum lakukan. Begitu banyak komunitas peduli sesama dan saya belum menjadi seperti mereka. Brsyukurnya, saya masih punya kesempatan selagi umur masih ada. Dari kompasianival 2012, saya banyak mendapat pencerahan. Peduli pada sesama adalah kunci keseimbangan lahir dan batin.

    ReplyDelete
  2. Iya bunda, ngeblog banyak manfaatnya. Terus terang (h h iklan lampu) dulu saya menilai sesuatu sering subyektif, pakai kacamata sendiri. Setelah belajar menulis dan kopdar dengan para blogger, membuka cakrawala berpikir dan belajar obyektif.

    ReplyDelete
  3. Ya ampuun.......ternyata 37 Mw itu anakku Sapta toh. (ngaku2.com). Wah, tulisannya keren dan padat berisi (kalo orang Bandung bilang "bahenol", qiqiqiqiii...). Bunda belum bikin postingan tentang ini lho, tapi untuk catatan di blog bunda insya allah akan bunda muat, walaupun gak se-padat yang diatas. Btw boleh gak bunda mau "nyur" nih foto-nya yang ada bunda ya? Bunda masih "ortodox" nih, foto2 kebanyakan gak bunda save di CD tapi bunda print ke Foto Studio, balik ke zaman baheula dengan album2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bunda baru lihat ini. Boleh saja bunda, monggo.

      Delete